1. HOME
  2. FINANCE
KEBIJAKAN PEMERINTAH

Lagi, Pemerintah Kelurakan Paket Kebijakan Ekonomi Baru

Tujuannya lebih menitikberatkan supaya bisa mendorong daya saing dunia usaha.

By Rohimat Nurbaya 29 Maret 2016 18:36
Darmin Nasution dan Pramono Anung ( setkab RI)

Money.id - Pemerintah melalui Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution dan Sekretaris Kabinet Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung, mengumumkan paket kebijakan ekonomi tahap XI. Pengumuman dilakukan di Kantor Presiden, Selasa, 29 Maret 2016.

Dikutip dari laman Setkab RI, Menko Darmin Nasution mengatakan, paket kebijakan ekonomi tahap XI ini terdiri dari empat poin. Tujuannya lebih menitikberatkan supaya bisa mendorong daya saing dunia usaha, serta meningkatkan perekonomian Indonesia.

Poin pertama adalah, Kredit Usaha Rakyat Berorientasi Ekspor (KURBE). Usaha dilakukan pemerintah adalah menyediakan pembiayaan ekspor yang lengkap dan terpadu untuk modal kerja.

Kemudian pemerintah juga memberikan penyaluran pembiayaan kepada Usaha Menengah dan  Kecil (UMKM)  yang berorientasi ekspor (UMKM Ekspor). Hal itu dilakukan oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia/LPEI (Indonesia Exim Bank). Selengkapnya di sini.

Poin kedua, fasilitas pajak penghasilan dan bea perolehan atas hak tanah dan bangunan (BPHTB) untuk penerbitan dana investasi real estate (DIRE). Usaha dilakukan adalah Penurunan tarif Pajak Penghasilan (PPh) final dan tarif BPHTB selama beberapa tahun. Selengkapnya di sini.

Poin ketiga, pengendalian risiko untuk memperlancar arus barang di pelabuhan (Indonesia Single Risk Management – ISRM). Salah satunya, mewajibkan semua Kementerian dan Lembaga mengembangkan fasilitas pengajuan permohonan perizinan secara tunggal. Selengkapnya di sini.

Poin keempat, pengembangan industri kefarmasian dan alat kesehatan. Salah satunya, menyusun road map dan action plan pengembangan industri farmasi dan alat kesehatan. Selengkapnya di sini.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section