1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

7 Tanda Anda Tak Memiliki Penghasilan Cukup

Salah satunya, menggunakan kartu kredit menjelang akhir bulan untuk menutupi semua kebutuhan.

By Abdul Kharis 19 Maret 2016 09:45
Ilustrasi orang yang tidak memiliki cukup penghasilan (dailyfinance.com)

Money.id - Anda mungkin memiliki gaji yang besar, tetapi ingatlah bahwa semakin besar penghasilan semakin tinggi kebutuhan. Hal ini sering mengakibatkan orang tidak memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Mengutip dari moneyfor20s.about.com, Jumat, 18 Maret 2016. Berikut adalah tujuh tanda Anda tidak memiliki penghasilan yang cukup.

1. Menggunakan kartu kredit setiap bulan

Salah satu tanda terbesar Anda memiliki masalah keuangan adalah menggunakan kartu kredit menjelang akhir bulan untuk menutupi semua kebutuhan.

Jika Anda masih memanfaatkan kartu kredit di akhir bulan, itu merupakan salah satu tanda tidak memiliki penghasilan yang cukup.

Solusi: Berhenti menggunakan kartu kredit.

2. Uang habis saat awal gajian

Uang Anda selalu habis minggu pertama setelah gajian? Hal ini mungkin disebabkan oleh gaji yang kecil atau banyaknya pengeluaran. Hal ini adalah tanda Anda tidak memiliki penghasilan yang cukup.

Solusi: Cari cara untuk meningkatkan pendapatan.

3. Tidak bisa membayar kredit atau melunasi utang

Jika Anda memiliki tagihan yang harus dibayar, maka dapat dipastikan memiliki krisis pendapatan. Hal ini penting untuk melakukan perubahan tentang situasi ini secepat mungkin.

Anda mungkin perlu untuk mengambil pekerjaan kedua untuk membantu keuangan. Ambilah langkah-langkah baik dalam jangka pendek dan jangka panjang untuk memperbaiki situasi ini.

Solusi: Ubah gaya hidup.

4. Tidak memiliki uang tambahan

Uang selalu habis hanya untuk mencukupi kebutuhan dan tidak memiliki dana untuk investasi atau bersenang-senang. Hal ini merupakan tanda yang cukup kuat bahwa Anda tidak memiliki penghasilan yang cukup.

Solusi: Buat anggaran keuangan.

5. Tidak bisa menangani keadaan keuangan darurat

Ketika memenuhi kebutuhan hidup, sulit untuk menempatkan uang di dana darurat. Jika Anda tidak mampu menangani keadaan darurat, mungkin akan berakhir dengan menggunakan kartu kredit.

Jika Anda tidak memiliki uang ekstra untuk dana darurat setiap bulannya, dapat dipastikan Anda tidak memiliki penghasilan yang layak.

Solusi: Siapkan dana darurat.

6. Terus khawatir tentang uang

Jika Anda khawatir tentang uang terus-menerus, dan itu membuat tidak bisa tidur di malam hari. Anda mungkin tidak menghasilkan cukup uang. Mulailah membuat rencana yang akan mengubah situasi keuangan pada diri sendiri.

Solusi: Belajarlah untuk berhenti khawatir tentang uang.

7. Tidak mencapai tujuan keuangan

Anda memiliki tujuan untuk membeli rumah pada tahun ini, tetapi Anda belum membelinya karena tidak memiliki cukup uang. Hal ini sudah menjadi indikator, bahwa Anda tidak memiliki penghasilan yang cukup.

Solusi: Pastikan dahulu tujuan keuangan Anda.

(poy)

[crosslink_1]

 

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section