1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Tips Rencanakan Liburan Hemat Bersama Pasangan

Biaya liburan membengkak? Intip tips agar liburan tak jadi gagal lantaran budget.

By Dwifantya Aquina 31 Maret 2016 08:39
Liburan bersama pasangan dengan budget pas-pasan bukan hal yang tidak mungkin (uaf.edu)

Money.id - Liburan bersama pasangan pasti menyenangkan. Hubungan asmara pun bisa makin hangat karena liburan berdua bisa membuat pasangan saling mengenal kepribadian.

Tetapi, ada batu sandungan yang biasanya bikin liburan bersama pasangan runyam. Apalagi kalau bukan biaya liburan yang bisa membengkak.

Namun jangan khawatir, kalau diatur dengan benar, Anda tidak perlu keluar uang banyak kok untuk libur berdua. Mau tahu caranya bisa liburan hemat bersama pacar? Berikut strategi yang bisa Anda terapkan seperti dikutip CekAja.com:

Tanggung semua biaya secara berdua

Ini hal yang harus Anda sepakati dari awal dengan pacar. Terserah bagaimana pembagiannya, apakah 60-40 atau 50-50. Pastikan pembagian sesuai dengan kemampuan kalian berdua.

Bukan cuma menghemat pengeluaran masing-masing, dengan patungan Anda berdua bisa menjadi lebih menghargai dan mengatur keuanga lebih bijak lagi. (Baca juga: Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan)

Tidak perlu banyak beli camilan

Berhubung ini merupakan momen liburan, kurangi beli camilan. Ingat, Anda pergi untuk liburan dan menikmati segala macam destinasi wisata. Kalau mau makan, sekalian saja wisata kuliner.

Lagipula, Anda tidak akan begitu sering ingat makanan. Sebab, perhatian akan fokus pada hal-hal baru yang akan Anda lihat nanti.

Tidak masalah makan di warung murah

Kalau ingin lebih irit dan hemat, Anda bisa makan di warung pinggir jalan. Dibandingkan dengan makanan di restoran, banyak kok warung kaki lima yang menawarkan rasa bintang lima.

Manfaatkan smartphone Anda untuk mencari kedai terbaik di kota tujuan. Bukan cuma bikin irit, makan di warung juga punya banyak keuntungan.
Salah satunya adalah berbaur dengan penduduk setempat. Siapa tahu mereka bisa beri informasi mengenai destinasi wisata yang jarang dikunjungi orang. Menarik kan?

Sepele, tapi jangan lupakan uang kecil

Hal ini sangat penting dan harus Anda siapkan jika ingin berlibur di luar kota. Uang kecil berguna untuk banyak hal, mulai dari uang tip untuk petugas hotel, uang parkir, pengamen atau untuk belanja sekalipun.

Jika tidak mau memberikan pecahan besar karena tidak menyiapkan receh, siapkan uang tip jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

(Baca juga: Tujuh Ketakutan yang Tidak Dimiliki Orang Kaya dan Sukses)

Sewa motor dibanding mobil

Yang terakhir, Anda bisa menyewa motor di rental sewa motor setempat. Dibandingkan harus naik kendaraan umum atau menyewa mobil yang memakan lebih banyak waktu dan ongkos, sebaiknya Anda menyewa motor. Dijamin pengeluaran Anda akan jauh lebih hemat.

Jangan sia-siakan kartu kredit

Kalau punya kartu kredit, manfaatkanlah alat bayar plastik tersebut. Entah untuk membeli tiket pesawat atau reservasi hotel atau makan di restoran sekalipun. Dengan memiliki kartu kredit yang berbeda, Anda berdua bisa memanfaatkan kelebihan kartu kredit masing-masing dan memaksimalkan promo-promo yang ditawarkan.

Baca Juga

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section