1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Lulusan Sarjana Pertanian? Ini Profesi yang Bisa Anda Geluti

Sebenarnya ada beberapa profesi yang bisa Anda geluti jika Anda seorang sarjana pertanian dan menjanjikan ke depannya.

By Dian Rosalina 17 Oktober 2016 19:15
Ilustrasi Pertanian (noftavia)

Money.id - Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki banyak potensi dalam bidang pertanian dan perkebunan. Sehingga sektor pertanian membuka peluang lapangan pekerjaan lebih luas.

Namun sayangnya, masyarakat masih berpikir bahwa bekerja di bidang pertanian dan perkebunan tidak menjanjikan. Sebenarnya ada beberapa profesi yang bisa Anda geluti jika Anda seorang sarjana pertanian dan menjanjikan ke depannya. 

Dikutip dari Qerja, Senin 17 Oktober 2016, ternyata lulusan pertanian sangat dinanti di dunia kerja. Mereka diminta untuk menempati posisi manajerial di perusahaan, peneliti, hingga di pemerintahan. Berikut adalah profesi yang bisa Anda geluti.

Agronom

Pekerjaan seorang agronom adalah melakukan berbagai percobaan untuk mendapatkan hasil panen terbaik. Merek juga mencoba mencari metode bercocok tanam yang tepat untuk meningkatkan produktivitas tanaman.

Seorang agronom harus bisa membimbing petani agar bisa mengaplikasikan konsep yang dirancangnya dengan baik. Jadi mereka harus sering berada di lapangan, di dekat lahan perkebunan perusahaan.

Perusahaan yang bergerak di sektor pertanian dan perkebunan membutuhkan tenaga agronom untuk meningkatkan produksi. Pada akhirnya upaya ini dapat membawa keuntungan bisnis. Sarjana pertanian yang baru lulus dari jurusan agronomi bisa meniti karier sebagai agronom.

Berdasarkan data dari qerja.com, asisten agronom bisa memeroleh upah mulai dari Rp4 juta per bulan. Sementara  agronom senior bisa mendapat bayaran hingga Rp12 juta.

Insinyur pertanian

Insinyur pertanian mempelajari ilmu yang sama dengan ahli teknik di bidang lainnya. Sebagian dari mereka harus tahu teknik bangunan sebelum mendirikan greenhouse. Ada juga insinyur pertanian yang belajar soal mesin agar bisa menjalankan traktor dan membuat alat bajak.

Sementara itu, insinyur pertanian lainnya yang memahami pemrograman sehingga bisa membuat robot pemanen. Jadi insinyur pertanian tak harus ada di sawah dan berkubang lumpur.

Mereka juga bisa bekerja dengan komputer, pena dan kertas saat merancang bangunan pertanian dan sistem irigasi. Perusahaan juga membutuhkan keahlian insinyur pertanian untuk meningkatkan produksi. Berdasarkan data dari qerja.com, perusahaan menjanjikan upah hingga Rp16 juta untuk seorang senior project engineer.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut apa saja profesi yang bisa Anda jabat sebagai seorang sarjana pertanian, klik link berikut ini. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section