1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Buah Pisang, Makanan Ringan Terbaik Sebelum ke Gym

"Makanan ringan yang baik dikonsumsi sebelum ke gym harus mengandung karbohidrat yang mudah dicerna."

By Azalia Amadea 13 Oktober 2016 07:11
Pisang (pixabay.com)

Money.id - Saat terburu-buru ke Gym dan perut terasa lapar mungkin secara spontan Anda akan mengambil beberapa camilan yang hanya tersedia di meja makan saat itu. Padahal, makan makanan sembarangan untuk mengisi energi sebelum latihan sebenarnya tidak disarankan.

"Makanan ringan sebelum latihan sama pentingnya dengan makanan ringan setelah latihan. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan energi yang optimal sebelum latihan dan memulihkan kondisi tubuh setelah latihan," kata seorang ahli kesehatan Lisa Moskovitz, mengutip laman womenshealthmag.com, Kamis 13 Oktober 2016.

Jadi, makanan apa yang sebaiknya masuk tubuh sebelum pergi ke gym?

"Makanan ringan yang baik dikonsumsi sebelum ke gym harus mengandung karbohidrat yang mudah dicerna," kata Lisa.

Lisa merekomendasikan untuk memakan makanan ringan sederhana seperti satu buah pisang, dua pertiga cangkir gandum atau sereal rendah gula yang dicampur dengan susu almond.

Jika Anda menjalani latihan singkat namun berat selama satu jam, Anda hanya perlu 15-20 gram karbohidrat untuk mengisi energi, artinya Anda hanya butuh setengah buah pisang.

Jika Anda akan menjalani sesi latihan yang lebih lama, naikkan konsumsi karbohidrat Anda sedikit. Lebih baik lagi, bawa makanan ringan di tengah-tengah latihan agar energi tetap terjaga.

"Mengonsumsi sedikit protein sebelum latihan juga tidak masalah. Mungkin sekitar 5-10 gram," tambah Lisa.

Menurutnya, mengonsumsi protein setelah latihan berfungsi memulihkan kembali otot-otot yang tegang. Jenis makanan ringan yang sebaiknya dikonsumsi setelah latihan bisa berupa pretzel dengan hummus, kue beras dengan selai kacang almond, atau setengah cangkir oatmeal dengan tambahan blueberry. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section