1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Tips Agar Bunga Potong Tetap Segar dan Tahan Lama

Berikut enam cara praktis dan alami agar bunga segar tahan lama.

By Azalia Amadea 10 Oktober 2016 15:31
Bunga di vas (pixabay.com)

Money.id - Bunga segar akan menambah keindahan di dalam rumah. Biasanya, bunga segar ditempatkan dalam vas berisi air untuk menjaganya agar tidak cepat layu. Sayangnya, menaruh bunga dalam vas saja tidak cukup untuk menjaga kesegarannya. Oleh karena itu, banyak orang yang beralih ke bunga plastik.

Bunga segar sebenarnya bisa tahan lama dengan beragam cara. Selama ini mungkin sebagian orang mencampur air dengan aspirin, uang koin, bahkan vodka untuk menjaga bunga asli tetap segar. Padahal cara-cara tersebut justru akan mempercepat bunga segar menjadi rusak.

Melansir laman dailymail.co.uk, Senin 10 Oktober 2016, berikut enam cara praktis dan alami agar bunga segar tahan lama.

1. Potong tangkai bunga dengan posisi miring

Pangkas batang bagian bawah sepanjang setengah inci secara miring sehingga air dapat diserap bunga dengan baik. Gunakan juga pisau yang tajam dan tidak bergerigi.

2. Rendam bunga

Setelah memangkas batang bunga, rendam bunga dalam air bersuhu 43,5 derajat celcius. Setelah itu letakkan bunga di tempat sejuk selama dua jam. Hal ini akan mempercepat penyerapan air melalui batang ke seluruh bagian bunga saat di dalam vas.

3. Semprot bunga dengan air

Angkat bunga dari vas dan semprot-semprot perlahan di bagian bawah daun dari jarak beberapa inci. Gantung bunga terbalik agar kering sebelum dikembalikan ke dalam vas.

5. Gunakan air soda

Anda bisa menggunakan air soda untuk menjaga nutrisi bunga. Campur satu cangkir air dengan satu cangkir air soda dan setengah sendok teh pemutih. Sesuaikan proporsinya jika Anda menggunakan air lebih.

6. Jaga kebersihan vas

Vas yang digunakan untuk menyimpan bunga segar lama kelamaan akan mengandung mikroorganisme yang bisa membunuh bunga. Untuk menjaga kebersihan vas, pertama isi vas dengan air panas dan campurkan satu sendok makan baking soda serta cuka putih. Gosok bagian dalam dengan kain, setelah itu buang larutan tadi dan keringkan baru masukan bunga. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section