1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Beras Tak Lagi Penyebab Gemuk Jika Dimasak dengan Cara Ini

Peneliti di Sri Langka telah menemukan cara baru untuk memasak nasi agar mengurangi nilai kalorinya serta memberikan manfaat lebih.

By Dian Rosalina 6 Oktober 2016 13:37
Beras Putih (iyakan.com)

Money.id - Beras di beberapa negara menjadi makanan pokok. Itu semua karena alasan yang sederhana, bahwa beras putih mudah dipasangkan dengan banyak jenis makanan lainnya, seperti sayuran, daging, dan ikan.

Di Indonesia, beras putih bisa didapatkan di mana-mana, dengan harga yang lebih murah daripada jenis beras lainnya. Namun, sayangnya kadungan tepung dalam beras putih lebih tinggi, jadi tak heran beras ini jarang menjadi pilihan ketika diet.

Sebenarnya ada teknik memasak beras putih yang bisa mengurangi nilai kalorinya hingga 50 persen, loh. Jadi para peneliti di Sri Langka telah menemukan cara baru untuk memasak nasi agar mengurangi nilai kalorinya serta memberikan manfaat lebih.

Dikutip dari Times of India, Kamis 7 Oktober 2016, ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi 'sifat jahat' pada beras putih.

Pertama, rebus air satu panci. Sebelum menambah beras putih, tambahkan minyak kelapa yang jumlahnya 3 persen dari beras yang dimasak. Misalnya untuk setengah cangkir bersa, tambahkan satu sendok teh minyak kelapa. Setelah nasi dimasak, bisarkan dingin di kulkas selama hampir 12 jam sebelum dimakan. Ketika akan menyantapnya, panaskan dalam microwave.

Jadi dengan cara tersebut, kalori yang ada di dalam beras putih bisa berkurang hingga 50 persen. Alasannya, semua pati dalam tubuh diproses menjadi dua bagian.

Ada pati sederhana yang perlu sedikit waktu untuk dicerna, yaitu diubah menjadi glukosa atau gula, yang nantinya disebut glikoge. Nah glikogen ini yang jika terlalu banyak tersimpan di tubuh menjadi lemak membandel.

Sementara itu, pati resistan membutuhkan waktu lama untuk diproses dalam tubuh. Mereka tidak berubah menjadi glukosa karena tubuh kekurangan fungsi untuk mencerna mereka, oleh karena itu pati tersebut lebih sedikit mengandung kalori.

Singkatnya, trik tersebut untuk mengurangi pati sederhana yang terkandung dalam beras putih. Komposisi tersebut bisa dibuat dnegan menambahkan minyak kelapa sebelum memasak nasi. Manfaatnya, minyak bisa mengubah arsitektur pati beras, sementara mendinginkan nasi akan membatu mempercepat perubahan.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section