1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Jangan Sering Makan di Meja Kantor, Ini Alasannya

Ternyata ada alasan mengapa Anda tidak boleh makan siang di meja kantor.

By Dian Rosalina 13 Oktober 2016 19:05
Ilustrasi Makan Sambil Kerja

Money.id - Pekerjaan yang menumpuk menjadi alasan rata-rata pekerja tidak ingin beranjak dari meja kerjanya, bahkan pada saat makan siang. Mereka lebih memilih makan siang di meja kantornya masing-masing.

Sebisa mungkin, Anda harus meninggalkan meja kerja sejenak pada tengah hari dan berjalan kaki untuk menuju tempat Anda membeli makan. Ternyata ada alasan mengapa Anda tidak boleh makan siang di meja kantor, berikut ulasannya yang dikutip dari Qerja, Kamis 13 Oktober 2016.

Lebih sehat

Kalau Anda makan bersama teman, bisa jadi Anda akan memasukkan lebih banyak makanan ke mulut.

Namun hal itu berbeda jika Anda hanya duduk sendiri di depan komputer, Anda akan lebih banyak ngemil yang mengandung banyak kalori sehingga mengakibatkan kegemukan. Selain itu, saat makan siang di meja kerja, maka Anda tidak banyak menggerakkan badan.

Duduk terlalu lama di kursi kantor akan berakibat buruk sebab akan menghambat aliran darah dan sakit punggung. Maka, Anda harus berdiri, berjalan ke restoran terdekat atau makan bekal di tempat lain. Sehingga darah dalam tubuh Anda akan mengalir, sementara tulang, otot dan sendi akan lebih aktif.

Lebih fokus usai makan siang di luar

Peneliti menemukan orang-orang uang bersosialisi lebih produktif daripada mereka yang suka menyendiri. Lagi pula, saat Anda makan siang di depan komputer, apakah Anda benar-benar menyelesaikan pekerjaan?

Anda juga bukan mesin. Sebagai manusia, Anda punya batasan fisik, bila terus-menerus menghadap layar komputer, justru akan membuat pikiran Anda menjadi buntu dan memakan waktu lama untuk melakukan sebuah pekerjaan.

Saat Anda mengambil waktu untuk melakukan gerakan fisik dan stimulasi visual, maka otak Anda akan beristirahat dan punya kesemptan untuk reboot. Ketika Anda kembali ke meja kerja, Anda akan menjadi karyawan yang lebih baik.

Otak yang lebih segar bisa membantu menyelesaikan tugas lebih cepat. Biarkan pikiran Anda mengembara saat makan siang agar bisa mendapat ide kreatif dan inspirasi baru.

Membangun hubungan sosial lebih baik

Anda bisa mengajak siapa saja untuk makan siang bersama. Pergilah ke restoran dengan beberapa orang teman pada tengah hari. Atau Anda juga bisa bergabung dengan rekan-rekan yang sudah memiliki rencana makan siang.

Pada saat makan, Anda tidak harus berbicara tentang pekerjaan. Anda boleh mengobrol mengenai hal lain sehingga mengerti watak dan kepribadian satu sama lain. Hal ini akan membantu Anda saat mendapat tugas yang harus dikerjakan bersama-sama.

Selain itu, banyak pelaku bisnis yang menggunakan jam makan siang untuk bertemu dengan kolega atau mitra usaha. Terkadang mereka memang membicarakan pekerjaan dan perkembangan industri. Namun, ada kalanya kesempatan ini menjadi ajang untuk mengobrol saja sehingga bisa memperkuat hubungan bisnis. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section