1. HOME
  2. FRESH
TIPS KERJA

'Dag-dig-dug' Hadapi Sesi Wawancara Panel? Ini Cara Menghadapinya

Ketika menghadapi wawancara panel, teknik dasar wawancara seperti menghidari telat, memasang postur tubuh percaya diri, dan lainnya tetap berlaku

By Dian Rosalina 28 September 2016 19:40
Ilustrasi Wawancara Kerja (Business Insider)

Money.id - Di beberapa perusahaan, proses penerimaan kandidat karyawan terdiri dari beberapa tahap. Mulai tes hingga wawancara. 

Bahkan ada yang harus menjalani sesi wawancara panel. Di mana kandidat akan menghadapi sesi tanya jawab dengan beberapa wawancara. Kondisi inilah yang sebagian besar membuat para calon kandidat gugur sebelum 'berperang' karena kurang percaya diri.

Lalu bagaimana cara menghadapinya? Dikutip dari Qerja, Rabu 28 September 2016, selayaknya sesi wawancara normal, ketika menghadapi wawancara panel, teknik dasar wawancara seperti menghidari telat, memasang postur tubuh percaya diri, dan lainnya tetap berlaku. Simak tips berikut ini.

Riset Ekstra

Sebelum Anda melakukan wawancara di calon perusahaan, sebaiknya kenali lebih dalam mengenai perusahaan dengan melakukan riset kecil dan mendalami deskripsi pekerjaan yang akan Anda jalani nantinya. Jika memungkinkan, Anda bisa mencari tahu ke pihak perusahaan siapa saja akan menjadi panelis pewawancara dan posisi masing-masing dari mereka.

Panelis umumnya terdiri dari beberapa individu dari departemen berbeda yang tentu akan menanyakan pertanyaan berbeda sesuai dengan peran yang akan mereka pegang perusahaan.

Dengan info ini, setidaknya Anda bisa memperkirakan arah pertanyaan dari masing-masing pewawancara dan mempersiapkan pertanyaan sendiri yang sekiranya sesuai dengan spesifikasi kerja mereka.

Kesan Pertama

Saat memasuki ruang wawancara, tersenyumlah dnegan percaya diri ketika memasuki ruangan. Kenalkan diri Anda pada masing-masing pewawancara dibarengi dengan jabatan tangan yang solid. Tanyakan namanya dan mintalah kartu nama atau buat catatan kecil agar Anda bisa menyebut nama mereka saat menjawab pertanyaan.

Beri perhatian merata pada pewawancara dan hindari kontak mata dengan satu saja pewawancara sepanjang sesi. Jika Anda ragu, arahkan saja pandangan Anda ke satu titik di latar belakang tempat duduk para panelis.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja yang harus Anda lakukan ketika berhadapan dengan wawancara panel, klik link ini.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section