1. HOME
  2. FRESH
TIPS KERJA

Kena PHK? Jangan Buru-buru Panik, Ini yang Harus Anda Lakukan

Banyak alasan yang akan diberikan oleh pihak perusahaan, tentu bukanlah hal yang masuk akal dan mudah untuk diterima oleh para pekerja.

By Dian Rosalina 9 September 2016 18:50
Ilustrasi Pekerja Setelah di PHK (newsbuzz)

Money.id - Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK selalu jadi momok yang menakutkan bagi para pekerja di perusahaan manapun. Siapapun yang bekerja tentu saja tidak suka bila diberhentikan secara sepihak dari pekerjaannya.

Berbagai alasan yang akan diberikan oleh pihak perusahaan, tentu bukanlah hal yang masuk akal dan mudah untuk diterima oleh para pekerja yang di-PHK. Dikutip dari Cermati, Jumat 9 September 2016, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan jika di-PHK.

Tenang

Tak ada gunanya Anda menumpahkan segala kekecewaan dan emosi, bagaimana pun PHK tersebut telah terjadi dan dilakukan oleh perusahaan Anda. Hal yang pertama Anda lakukan adalah berikap tenang, dan jangan terbawa suasana hati.

Ketahui dengan jelas mengenai alasan PHK yang Anda hadapi, jangan sampai terprovokasi oleh orang lain dan mendapatkan informasi yang salah. Tanyakan segala sesuatunya secara jelas, termasuk hak Anda, seperti pesangon, asuransi, dan juga hak lain yang patut Anda dapatkan.

Jangan menyalahkan siapapun

Dalam kejadian PHK, maka seringkali pekerja akan menyalahkan pihak perusahaan dan bahkan tindakan seperti ini bisa dipastikan akan terjadi. Jangan menyalahkan perusahaan, sebab PHK adalah sebuah hal yang dilakukan dengan penuh pertimbangan.

Perusahaan pasti telah mempertimbangkan dengan matang mengenai dampak dan juga akibat yang akan diambil dari kejadian PHK, bisa jadi hal inilah satu-satunya jalan keluar untuk mempertahankan kinerja perusahaan.

Namun di balik semua itu, yang paling tidak boleh Anda lakukan adalah menyalahkan diri sendiri. PHK merupakan hal yang berada di luar kendali Anda, jadi jangan salahkan diri Anda atas kejadian tersebut.

Jangan terpuruk dan mengurung diri

PHK adalah hal yang sulit dihadapi dan tentunya menjadi beban yang berat bagi Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk membaginya dan memberikan kesempatan bagi orang-orang terdekat Anda untuk memberikan dukungan.

Jangan terlalu lama terpuruk dengan hal ini, cobalah membuka diri dan bercerita pada keluarga atau teman-teman Anda mengenai kesulitan yang baru saja dihadapi, dengan begitu beban akan terasa lebih ringan.

Loyal dan bekerja dengan baik

Pihak perusahaan biasanya akan memberitahukan mengenaik PHK sekitar satu bulan sebelum tanggal pemberhentian. Anda masih punya waktu untuk bekerja di perusahaan tersebut. Walau di-PHK, bersikaplah baik dan tetap bekerja seperti biasanya.

Gunakan waktu yang ada untuk memberikan kesan yang baik terhadap rekan kerja, terutapa terhadap atasan Anda.

Jangan lupa berterima kasih atas semua kerja sama dan juga bantuan rekan kerja Anda selama Anda bekerja di sana. Berpamitan dengan baik pada semua orang, tunjukkan bahwa Anda senang selama bekerja dengan mereka.

Susun strategi

Pikirkan dengan baik apa yang akan Anda lakukan setelah hari PHK Anda tiba. Jika Anda berniat untuk mencari pekerjaan di tempat lain, maka baiknya lamar dikirim sejak Anda belum berhenti bekerja. Namun jika Anda berniat untuk memulai usaha, tidak ada salahnya Anda menyusun sedari dini agar nantinya memudahkan rencana ke depannya. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section