1. HOME
  2. FRESH
FINANCE

Hindari 6 Kesalahan dalam Membeli Perabotan Rumah

Sebelum membeli furnitur pikirkan kembali apa rencana Anda dalam satu hingga lima tahun ke depan.

By Dwifantya Aquina 22 September 2016 12:08
Dalam membeli perabotan rumah tangga Anda tak boleh terburu-buru (Pixabay)

Money.id - Furnitur penting untuk mempercantik dan membuat rumah nyaman untuk ditinggali. Namun, furnitur yang tidak tepat justru bisa merugikan. Selain boros, memilih furnitur yang salah bisa membuat rumah Anda tidak nyaman untuk ditinggali.

Agar tidak salah dalam membeli perabotan, pelajari 6 kesalahan yang sering dilakukan saat membeli perabotan seperti dikutip CekAja.com berikut ini:

Tidak cocok dengan rencana hidup

Sebelum membeli furnitur pikirkan kembali apa rencana Anda dalam satu hingga lima tahun ke depan. Jangan sampai, furnitur yang Anda beli tidak sesuai dengan rencana tersebut. Misalnya, saat ini Anda tengah mengajukan beasiswa kuliah keluar negeri.

Maka, rencana pembelian furnitur mahal harus ditunda dulu. Jangan sampai Anda harus repot menjual perabot tersebut bila dalam waktu dekat Anda memperoleh beasiswa tersebut.

(Baca juga: 6 Alat Rumah Tangga yang Tampak Keren Tapi Bikin Bangkrut)

Terlalu terburu-buru

Jangan terburu-buru saat membeli furnitur. Pikirkan dua kali apakah furnitur yang Anda beli tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidak. Jangan sampai furnitur tersebut sebenarnya kurang dibutuhkan padahal Anda sudah mengeluarkan kocek tidak sedikit.

Tidak merencanakan anggaran

Jangan pergi ke toko furnitur tanpa anggaran belanja yang pasti. Sangat mungkin Anda akan mengeluarkan biaya belanja lebih besar dari yang sebenarnya Anda mampu. Jangan tergiur pada tawaran diskon atau promo. Untuk itu, tentukan apa kebutuhan Anda dan berapa bujet yang dimiliki. Selain itu, lakukan riset dan bandingkan mana toko furnitur yang paling menguntungkan dari sisi harga.

Lupa mengukur perabot dan pintu masuk

Saat Anda membeli furnitur, model dan kualitas memang faktor utama yang harus dipertimbangkan. Meski mahal, furnitur yang berkualitas akan lebih awet saat digunakan. Namun, jangan sampai lupa mengukur perabot baru Anda tersebut. Jangan sampai ketika barang sudah dibeli dan dikirim ke rumah, ukurannya tidak sesuai dengan pintu rumah.

Kesalahan yang sama juga kerap dilakukan pemilik apartemen. Saat membeli perabotan yang besar seperti lemari, meja atau mesin cuci pertimbangkan juga ukuran pintu lift pada apartemen Anda. Jika lebar pintu lift tidak cukup, tidak mungkin kan perabot yang sudah dibeli diantar ke unit apartemen Anda menggunakan tangga.

(Baca juga: Tips Liburan Irit ke Amerika Serikat)

Tidak cocok dengan perabot lainnya

Rumah Anda bergaya minimalis modern, begitu pula perabotan yang selama ini Anda beli. Semuanya bergaya minimalis modern. Namun, ketika melewati toko furnitur, Anda menemukan lemari bergaya mewah yang diobral dengan harga murah. Karena kalap dan tidak pikir panjang, lemari tersebut langsung diboyong ke rumah.

Sayangnya, furnitur yang semula terlihat keren di showroom tidak cocok dengan suasana rumah dan perabot lainnya. Alhasil, keberadaan perabot anyar tersebut justru membuat interior rumah Anda tidak sedap dipandang.

 

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section