1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ternyata Ini Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya

Sariawan atau dalam bahasa kedokteran disebut stomatitis adalah radang yang terjadi pada mukosa (pipi bagian dalam).

By Azalia Amadea 21 September 2016 09:32
sariawan (ibudanbalita.com)

Money.id - Sariawan menjadi salah satu penyakit mulut yang paling sering dialami oleh hampir semua orang. Sariawan atau dalam bahasa kedokteran disebut stomatitis adalah radang yang terjadi pada mukosa (pipi bagian dalam) mulut yang biasa berupa bercak putih kekuningan dan terasa perih.

Melansir laman sariawan.org, Rabu 21 September 2016, sariawan juga dapat menyerang bagian dalam mulut lainnya seperti lidah, gusi, serta langit-langit pada rongga mulut. Sariawan disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yang paling sering adalah tergigit atau benturan sikat gigi akibat terlalu kencang saat menggosok gigi.

Selain itu, daya tahan tubuh yang rendah juga dapat mempengaruhi munculnya sariawan. Kondisi mulut yang tidak bersih atau tubuh kekurangan vitamin C dan B juga dapat menjadi penyebab sariawan bersarang di mulut.

Jangan khawatir, sariawan dapat mudah diatasi dengan bahan-bahan alami berikut ini.

Madu

Selain rasanya yang manis, madu juga dapat membantu sembuhkan sariawan. Caranya, campurkan satu sendok makan madu dengan satu sendok makan minyak kelapa campur hingga rata. Kemudian oleskan pada mulut atau bibir yang sedang sariawan diamkan beberapa menit. Oleskan secara rutin makan sariawan akan sembuh.

Tomat

Tomat yang kaya akan vitamin C dapat membantu sembuhkan sariawan dengan cepat. Cara cukup rutin makan satu buah tomat sehari maka sariawan perlahan akan sembuh. Selain dimakan Anda juga dapat membuat jus tomat dengan tambahan sedikit madu agar terasa manis.

Kunyit

Bumbu dapur berwarna kuning ini juga dapat dimanfaat sebagai obat alami sembuhkan sariawan. Caranya cukup dengan haluskan satu ruas kunyit yang sudah dicuci bersih lalu oleskan pada mulut yang terkena sariawan. Diamkan beberapa menit lalu bersihkan dengan air. Cara ini sangat efektif mengobati sariawan secara alami. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section