1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Catat, Ini Dampak Makan Berlebihan dan Cara Mengatasinya

Ketika Anda sudah merasa sulit mengatur porsi makanan, maka akan berpengaruh terhadap emosional.

By Azalia Amadea 18 September 2016 13:15
Ilustrasi makan berlebihan (eatthis.com)

Money.id - Makanan yang Anda konsumsi adalah sumber utama energi tubuh. Namun jika tidak bisa menjaga kualitas dan porsi makanan, maka akan berdampak pada kesehatan.

Melansir laman boldsky.com, Sabtu 17 September 2016, selain kesehatan tubuh, makan makanan secara berlebihan ternyata juga memiliki pengaruh negatif pada mental.

Ketika Anda sudah merasa sulit mengatur porsi makanan, maka akan berpengaruh terhadap emosional. Munculnya perasaan-perasaan seperti itu tentu akan berdampak pada kehidupan Anda juga. Anda akan merasa tidak percaya diri karena gemuk.

Efek secara fisik dari makan berlebihan akan terasa langsung dan terlihat jelas daripada efek mental. Makan berlebihan menjadi cara tercepat untuk merusak diet dan menambah berat Anda.

Sementara efek secara mental akan membuat Anda merasa putus asa menjalankan diet. Sementara, setiap kali mencoba untuk menurunkan berat badan, Anda akan berpikir tidak akan berhasil karena tidak bisa menjaga porsi makan. 

makan berlebihan
© 2016 money.id/boldsky.com

Ketika makan secara berlebihan, Anda sama saja menyumpal tubuh dengan makanan dalam jumlah besar sekaligus. Akibatnya, tubuh terutama sistem pencernaan mengalami stres. Tubuh tidak bisa mengolah makanan dalam jumlah besar sekaligus.

Tubuh penuh lemak, perut kembung, akan berdampak merasa cepat lelah dan munculnya penyakit kronis. Ada beberapa cara untuk menjaga porsi makan Anda. Pertama saat mengambil makanan cobalah untuk mengambil makanan yang menyehatkan terlebih dahulu.

Kedua, ketika berbelanja jangan dalam keadaan perut kosong. Menurut sebuah riset, jika Anda berbelanja dalam keadaan perut kosong, Anda akan tergoda untuk membeli makanan yang tidak menyehatkan. Termasuk makan-makanan yang mengandung kalori tinggi.

Selanjutnya, cobalah menggunakan piring dengan warna tidak sama dengan warna makanan. Sebuah penelitian menemukan bahwa semakin senada warna piring dengan makanan, semakin berselera orang untuk makan.

Selain itu, ketika menggunakan piring atau gelas berukuran kecil, porsi makan Anda akan semakin sedikit.

Terakhir, jauhkan makanan ringan yang tidak menyehatkan. Ganti camilan dengan makanan ringan yang mengandung banyak serat. Cara ini tidak hanya akan membuat Anda kenyang, tetapi juga menjauhkan rasa lapar untuk waktu yang lama. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section