1. HOME
  2. FRESH
FRESH

5 Makanan Ini Diduga Pemicu Migrain dan Sakit Kepala

Berikut jenis makanan yang diduga dapat memicu sakit kepala bagi kebanyakan orang.

By Azalia Amadea 24 September 2016 19:04
Ilustrasi sakit kepala (pixabay.com)

Money.id - Sakit kepala yang menyiksa ternyata dapat dipicu oleh makanan seperti alkohol, cokelat, dan kafein. "Memang terasa aneh sekali jika makanan ternyata bisa memicu migrain atau jenis sakit kepala lainnya," kata Noah Rosen, direktur Headache Institute di North Shore-LIJ Health System di Long Island, New York.

Karena itu sangat perlu untuk mengetahui jenis makanan sehari-hari apa saja yang dapat memicu sakit kepala tersebut. Melansir laman everydayhealth.com, Minggu 25 September 2016, berikut jenis makanan yang diduga dapat memicu sakit kepala. 

makanan pemicu sakit kepala
© 2016 money.id/pixabay

1. Cokelat

Hasil penelitian terbaru dari International Headache Society menunjukkan bahwa cokelat sebenarnya mencegah sel-sel saraf yang menyebabkan sakit kepala migrain. Disisi lain, 22 persen dari penderita sakit kepala mengidentifikasi cokelat sebagai salah satu makanan yang memicu sakit kepala mereka.

2. Anggur Merah (Alkohol)

Sulfit yang digunakan sebagai pengawet dalam anggur merah telah dikaitkan dengan sakit kepala migrain. Sementara alkohol yang terkandung dalam aneka minuman bisa meningkatkan aliran darah ke otak dan juga dapat mengakibatkan dehidrasi. Kedua hal tersebut yang diduga memicu sakitnya kepala.

3. Kopi

Kafein sebenarnya bisa membantu menyingkirkan sakit kepala migrain, dan kafein juga terkandung dalam obat migrain tertentu. Tetapi terlalu banyak mengonsumsi kafein juga dapat memicu sakitnya kepala. Penelitian menunjukkan bahwa normalnya orang meminum kopi cukup dua-tiga cangkir atau sekitar 200 miligram kafein agar bisa mengurangi sakit kepala.

4. Keju

Pemicu utamanya adalah zat protein yang disebut tyramine yang terdapat dalam keju. Semakin tua usia keju, semakin banyak kandungan tyramine-nya. Jadi, Anda mungkin sebaiknya tidak mengkonsumsi terlalu banyak keju tua seperti blue cheese, keju Swiss, cheddar, gouda, dan parmesan jika ingin menghindari sakit kepala.

5. Kecap dan MSG

Monosodium glutamat (MSG), yang terdapat pada kecap bersifat aditif, ternyata bisa menyebabkan kram, diare, dan sakit kepala yang menyiksa pada 10-15 persen orang yang mengalami sakit kepala migrain. (dwq)

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section