1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Tidak Punya Penghasilan Tetap? Begini Cara Atur Keuangannya

Kebebasan seorang freelancer harus dibayar dengan kondisi finansial yang tidak stabil.

By Adhi 25 Agustus 2016 08:12
Ilustrasi (CSDNews.com)

Money.id - Para pekerja lepas (freelance) atau mereka yang membuka usaha sendiri pastinya memiliki kelebihan dalam hal kebebasan. Berbeda dengan mereka yang bekerja sebagai pegawai di perusahaan orang lain.

Walau begitu, kebebasan tersebut harus dibayar dengan kondisi finansial yang tidak stabil. Tidak adanya slip gaji rutin bulanan membuat kebanyakan pekerja independen kesulitan menyeimbangkan gaya hidup dan merencanakan masa depan.

Nah, bagi Anda yang mengalami permasalah seperti itu, berikut adalah beberap tips mengatir keuangan bagi para freelancer atau pengusaha mandiri:

1. Hindari pola pikir bulan tua, bulan muda

Di saat proyek atau pesanan banjir, mudah rasanya cepat puas dan muncul tendensi untuk ingin berfoya-foya. Namun, saat musim "kemarau" proyek tiba, barulah terasa sulit. 

Hal ini memang tidak hanya terjadi pada pekerja lepas waktu, tapi juga pegawai pada umumnya. Jika Anda ingin kondisi finansial Anda senantiasa sehat dan stabil, stop menjalani gaya hidup yang ekstrim seperti ini.

2. Memberi diri sendiri gaji

Anda adalah bos dari diri Anda sendiri, jadi tidak ada salahnya menggaji diri Anda sendiri.

Monitor pengeluaran Anda dengan ketat selama sebulan dan cari tahu pasti berapa nilai minimal yang Anda butuhkan untuk bertahan hidup dalam sebulan: biaya makanan, transportasi, tempat tinggal, pajak, dan kebutuhan ekstra. Tambahkan nominal realistis untuk pengeluaran emergency. Nah, inilah nilai gaji Anda.

Selengkapnya, simak di tautan berikut ini.


Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section