1. HOME
  2. FRESH
FRESH

5 Cara Tetap Positif Ketika Belum Dapat Kerja

Belum diterima kerja, terkadang membuat Anda patah semangat. Boleh saja, namun tidak berlarut.

By Stella Maris 3 Oktober 2016 09:06
Ilustrasi wawancara kerja/Healthcareguys.com

Money.id - Faktanya mencari kerja memang susah-susah gampang dan keberhasilan mendapatkannya, bergantung pada peluang. Namun bila Anda belum mendapat pekerjaan, jangan putus asa dan tetap berpikiran positif.

Memang tidak mudah untuk tetap berpikiran positif saat sesuatu yang diharapkan belum didapat. Namun cobalah lima cara ini agar Anda tetap positif dan tak mudah frustasi, seperti dikutip laman News.com.au, Senin 3 Oktober 2016. 

1. Alihkan fokus
Kunci sukses dalam berburu pekerjaan adalah tekun, namun jangan terlalu mengedepankan obsesi, karena merugikan diri sendiri. 

Saat belum mendapat pekerjaan, sebaiknya Anda meluangkan waktu menikmati hal kecil dalam hidup, seperti bersosialisasi, nonton film kesukaan, atau menghabiskan waktu dengan keluarga.

Dengan demikian, Anda jadi tidak mudah stres dan pikiran senantiasa jernih. Nah dalam kondisi ini, Anda siap mencari strategi selanjutnya!

2. Bersyukur
Belum diterima kerja, terkadang membuat Anda patah semangat. Boleh saja, namun tidak berlarut. Demi berpikiran positif, coba membuat daftar hal apa saja yang membuat Anda merasa bersyukur.

Keluarga, teman, kesehatan, atau rumah adalah hal-hal yang baik untuk mengingatkan diri. Tetapi jangan takut menambah daftar panjang hal lain yang Anda syukuri. Semakin banyak hal yang disyukuri dalam daftar, semakin Anda akan merasa lebih baik.

3. Tidak sendiri
Perlu disadari bahwa pengangguran adalah hal yang umum terjadi. Nah dalam kondisi tersebut, cobalah berkomunikasi dengan mereka yang pernah mengalami situasi sama.

Mereka mungkin bisa menawarkan saran tentang bagaimana mempercepat pencarian atau memberi masukan yang sangat dibutuhkan.

4. Alternatif
Saat sedang stres, Anda merasa segala aspek atau kebutuhan dalam hidup mulai menuntut. Jadi manfaatkan setiap kesempatan memperoleh penghasilan tambahan. Caranya?

Bisa menjual barang tak terpakai tetapi masih layak digunakan. Bila punya keahlian, Anda dapat menawarkan jasa keterampilan yang dimiliki.

5. Sibukkan diri
Ini adalah salah satu cara meningkatkan semangat Anda, ketika mencari pekerjaan. Buatlah daftar aktivitas sehari-hari. Misalnya bikin jadwal beberapa jam untuk mencari pekerjaan, berolahraga, meditasi, coba keterampilan baru, dan hal lain yang membuat Anda nyaman dan tenang. (poy)

 

BACA JUGA

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section