1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Kurang Darah? Cobalah Konsumsi 5 Makanan Ini

Jika darah sedang rendah, Anda harus mengkonsumsi obat.

By Putri Nabilla 16 November 2015 13:30
Alat pengukur tekanan darah/Pixabay

Money.id - Memperhatikan kadar darah sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Kekurangan darah dapat menjadi penyebab penyakit anemia.

Jika darah sedang rendah, Anda harus mengkonsumsi obat. Di samping itu, Anda juga harus memiliki asupan makanan bergizi guna meningkatkan sel-sel darah yang nantinya akan mengalir dalam tubuh.

Seperti dilansir dari laman boldsky.com, berikut lima makanan yang dapat membantu Anda meningkatkan kadar darah dalam tubuh.

Bit atau ubi merah

Makanan ini kaya dengan zat besi, protein diperlukan untuk meningkatkan sel-sel dalam darah dan meningkatkan aliran darah.

Ubi dapat menjadi racun alami sebagai pembersih darah, mengaktifkan kembali dan meregenarasi sel darah merah.

Selain itu, ubi juga menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

Jadi, masukkan ubi ke dalam program diet Anda untuk meningkatkan jumlah darah. Daun ubi merupakan sumber yang baik dari vitamin A, dan akar bit adalah sumber yang sangat baik dari vitamin C.

Daun hijau

Sayuran hijau seperti bayam, seledri, brokoli, kubis, lobak, kembang kol, kale, daun selada dan ubi jalar yang sehat bagi tubuh.

Di samping dapat mengontrol berat badan dengan sayuran hijau, Anda juga dapat meningkatkan jumlah darah. Sayuran berdaun hijau juga membuat sistem pencernaan menjadi aktif.

Zat besi

Merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat besi tidak hanya membuat tulang kuat tetapi juga memasok oksigen dalam sistem.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Dalam memperoleh kandungan zat besi Anda dapat mengkonsumsi daging merah, fenugreek, asparagus, kurma, kacang, tiram, kentang, ara dan kismis.

Almond

Kacang ini kaya akan zat besi dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Satu ons almond setiap hari mencakup 6 persen dari kebutuhan zat besi harian.

Buah

Orang anemia disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran berdaun hijau. Hal ini tidak hanya banyaknya gizi yang terkandung, tetapi juga efektif dalam meningkatkan jumlah darah dalam tubuh.

Contohnya mengkonsumsi aprikot, semangka, apel, anggur, kismis, plum dan ara kering untuk meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Bagi Anda yang menjalani program diet, tak ada salahnya menyertakan lima makanan ini ke dalam diet Anda untuk tetap menjaga sirkulasi darah yang tepat. Makanan ini bergizi yang meningkatkan tekanan darah yang rendah. (poy)

(da/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section