1. HOME
  2. FRESH
TIPS KECANTIKAN

Hati-hati Bakteri pada Kuas "Make Up"

Bagi Anda yang memiliki jenis wajah yang berminyak atau berjerawat disarankan untuk lebih sering mencuci kuas make up.

By Azalia Amadea 14 November 2015 08:07
Ilustrasi dandan

Money.id - Anda perempuan dan suka berdandan? Coba lihatlah apa kuas yang Anda pakai untuk make up sudah dibersihkan? Jika tidak biasa membersihkan kuas make up, ada efek yang akan Anda rasakan pada wajah.

Menurut Sejal Shah , MD, seorang dokter kulit dari New York City terdapat bakteri yang bersarang pada kuas make up yang tidak dibersihkan. Bakteri tersebut adalah staphylococcus dan streptococcus.

Bakteri ini mengakibatkan infeksi yang disebut staph dan radang tenggorokan. Penyakit-penyakit lain yang dapat ditimbulkan jika kuas make up dibiarkan kotor, seperti jerawat, iritasi kulit, ruam, infeksi kulit bakteri, dan bahkan infeksi mata. Menurut Shah bahkan pasienya pernah ada yang mengalami infeksi jamur dan herpes.

Jadi bagaimana cara mengatasinya?

"Saya sarankan untuk membersihkan kuas seminggu sekali, bisa lebih tergantung seberapa sering Anda memakai kuas, kuas yang untuk apa dan kuas dengan jenis kulit yang bagaimana," kata Sejal Shah.

Bagi Anda yang memiliki jenis wajah yang berminyak atau berjerawat disarankan untuk lebih sering mencuci kuas make up.

Jika kuas dirasa sudah tidak lagi lembut, dan bentuknya sudah tidak lagi rata, artinya sudah saatnya Anda mengganti kuas dengan yang baru.

Ada berbagai jenis pembersih kuas dan kondisionernya. Namun Anda juga dapat memakai sabun bayi untuk membersihkan, dan harganya lebih murah. (poy)

(da/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section