1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini 7 Kanker yang Menyerang Wanita

Untuk mencegah penyakit ganas ini, wanita disarankan melakukan pemeriksaan teratur. Deteksi dini adalah kunci.

By Desy Afrianti 13 November 2015 12:44
Ilustrasi kanker/Pixabay

Money.id - Setelah jantung, kanker merupakan pembunuh kedua pada wanita. Setidaknya ada tujuh jenis kanker yang dapat menyerang kaum hawa. Kanker payudara adalah salah satu yang paling berbahaya.

Kanker paru-paru menyerang lebih dari 10.000 wanita setiap tahun. Kanker kolorektal dan kanker ovarium juga harus diwaspadai. Kanker rahim merenggut lebih dari 2.000 jiwa wanita Asia setiap tahunnya.

Kanker adalah penyakit yang bisa menyerang pria maupun wanita. Ada pengobatan tertentu yang dapat mencegah kanker berkembang luas dalam tubuh. Namun, pengobatan alami adalah yang terbaik.

Di India, sekitar 17 persen wanita berjuang melawan kanker payudara. Kanker jenis ini mengintai wanita di usia 45 sampai 55 tahun.

Untuk mencegah penyakit ganas ini, wanita disarankan melakukan pemeriksaan teratur. Deteksi dini adalah kunci.

Dikutip dari Boldsky, Jumat 13 November 2015, berikut ini adalah tujuh jenis kanker yang menyerang wanita.


Kanker serviks

Di India, lebih dari sepertiga wanita menderita dan meninggal akibat kanker serviks. Beberapa penyebab kanker serviks adalah hubungan seksual pada usia dini, sering ganti pasangan dan kekebalan tubuh rendah. Infeksi HIV juga merupakan penyebab lain dari kanker serviks pada wanita.

Kanker payudara

Faktor genetik dan telat hamil adalah beberapa dari banyak penyebab kanker payudara. Deteksi dini kanker payudara adalah kunci untuk bertahan hidup. Perempuan harus menjalani pemeriksaan diri untuk menghindari penyakit yang mengancam ini.

Kanker usus besar

Kanker usus besar adalah jenis lain dari kanker yang mempengaruhi banyak wanita di dunia. Kanker usus besar menyerang orang-orang yang memiliki polip di usus besar atau rektum.

Kanker ini juga mempengaruhi wanita yang memiliki penyakit radang usus. Kelebihan berat badan dan mengkonsumsi makanan berlemak juga bisa menjadi penyebabnya.

Kanker ovarium

Kanker jenis ini menyerang wanita setelah usia 55 tahun. Wanita yang belum pernah melahirkan anak, dan yang memiliki anak pertama setelah 30 tahun menjadi sasaran kanker jenis ini.

Kanker kulit

Studi terbaru menyatakan bahwa wanita yang kulit memiliki kulit cerah dan berambut pirang serta sering terpapar sinar matahari cenderung terkena kanker kulit.

Penyebab lain dari kanker jenis ini adalah ada anggota keluarga yang terdeteksi menderita penyakit ini.

Kanker paru-paru

Orang yang tidak merokok juga bisa terkena kanker paru-paru. Kanker jenis ini menyerang wanita yang menjadi perokok pasif. Statistik menunjukkan 8 dari 10 wanita yang merokok rentan terkena kanker paru-paru.

Kanker endometrium atau kanker dinding rahim

Kanker endometrium menyerang lapisan rahim. Ini termasuk jenis kanker mematikan yang menyerang wanita di atas usia 55 tahun.

Penyebab kanker endometrium antara lain menopause terlambat, tidak punya anak dan mengalami gangguan hormon.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section