1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Anda Batuk-batuk Terus? Waspada Gejala Ini

Kenali gejala awal flu agar virus tidak cepat menyebar dan semakin memburuk...

By Dian Rosalina 13 November 2015 16:13
Ilustrasi Flu (seedoc.co)

Money.id - Musim hujan telah tiba. Artinya, Anda harus menyiapkan tubuh karena flu juga sudah datang.

Virus flu menyebar melalui air liur yang dikeluarkan lewat bersin atau batuk. Hal ini terjadi karena udara tersebut bercampur dan terhirup bersama-sama.

Terkadang Anda sulit memastikan apakah memang terkena gejala flu atau tidak. Maka dari itu kenali gejala awal flu agar virus tidak cepat menyebar dan semakin memburuk.

Dikutip dari laman Healthline, Jumat 13 November 2015, berikut ini adalah gejala awal flu menyerang.

Kelelahan
Bagi Anda yang bekerja terus-menerus di dalam ruangan, perlu waspada karena otomatis kekurangan sinar matahari.

Itu mengakibatkan Anda cepat merasa lelah, hingga terjadi kelelahan yang ekstrem artinya tidak bisa melakukan apa-apa lagi.

Itu sudah tanda-tanda gejala flu. Kelelahan juga merupakan gejala dari virus demam, lebih berat dari sekadar flu biasa.

Jadi jika tiba-tiba tubuh Anda merasakan kelelahan yang ekstrem, mungkin tubuh sedang mempersiapkan diri untuk melawan virus flu yang akan menyerang.

Nyeri tubuh dan dedinginan
Pernahkah Anda merasakan nyeri pada tubuh dan menggigil? Itu adalah gejala awal flu dan demam.

Ketika sudah terkena virus tersebut, Anda mungkin akan sulit membedakan mana nyeri tubuh karena memang kelelahan, mana nyeri tubuh karena flu.

Nyeri tubuh bisa terjadi di mana saja, terutama pada kepala dan kaki. Hal tersebut bisa disertai dengan menggigilnya tubuh beberapa jam setelah Anda merasakan nyeri. Flu sering menyebabkan seseorang menggigil sebelum akhirnya demam.

Batuk
Batuk yang terus-menerus merupakan indikasi awal dan menjadi tanda flu. Virus flu dapat menyebabkan batuk yang disertai mengi dan dada sesak. Selama flu berlangsung, batuk pun perlahan berubah menjadi batuk berdahak atau berlendir.

Bila memiliki asma, Anda sebaiknya segera pergi ke dokter untuk dapat penanganan yang tepat guna mencegah komplikasi. Tutuplah mulut Anda ketika batuk untuk mencegah terjadinya penyebaran infeksi.

Sakit tenggorokan
Setelah batuk yang semakin parah, Anda akan dihadapkan dengan sakit tenggorokan. Namun beberapa virus tidak selamanya diawali dengan batuk, tetapi bisa menyebabkan tenggorokan membengkak.

Pada tahap awal flu, tenggorokan Anda mungkin dilanda rasa gatal dan iritasi. Serta sensasi seperti mengganjal ditenggorokan saat menelan makanan atau minuman.

Bila bertambah buruk, segera sediakan teh, sup dan air yang cukup untuk menghilangkan rasa tidak nyaman tersebut.

Demam
Pada fase ini, tubuh sedang mencoba melawan infeksi. Demam flu biasanya sekitar 37 derajat celcius atau lebih tinggi.

Meski begitu, tidak semua orang akan mengalami demam saat ia terkena flu. Bisa jadi Anda hanya menggigil tanpa demam.

Acetaminophen (tylenol) dan ibuperofen yang terdapat dalam obat penurun demam, bisa menjadi obat untuk meredakan panasnya. Tetapi tidak untuk menyembuhkan virus.

Masalah pencernaan
Gejala awal flu dimulai dari bawah kepala, tenggorokan, hingga dada. Beberapa di antaranya bisa menyebabkan diare, mual, sakit perut, atau muntah.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, gejala seperti ini biasanya terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa.

Dehidrasi adalah sebab utama dari diare dan muntah, sehingga saat demam, Anda harus memperbanyak minum agar elektrolit tetap terjaga dan memerangi virus sedini mungkin.

Gejala Darurat
Flu adalah penyakit progresif, artinya dapat bekelanjutan bila tidak ditangani dengan benar. Memang tidak semua orang seperti itu, namun yang perlu Anda ketahui gejala awal flu pun perlu mendapatkan perawatan lebih intensif. (ita)


Seperti ketika dada Anda semakin sakit, sulit bernapas, kulit dan bibir kebiruan, dehidrasi berat, pusing, dan demam berulang dengan atau tanpa batuk. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section