1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Anda Stres? Atasi Dengan Cara Ini

Stres bila dibiarkan akan mengendap hingga menimbulkan permasalahan fisik dan emosional.

By Dian Rosalina 14 November 2015 14:57
Ilustrasi Rileks (cardiomart.org)

Setelah seharian bekerja di kantor, banyak dari kita yang masih harus dihadapkan dengan kemacetan dalam perjalanan pulang ke rumah. Kondisi ini bisa membuat siapapun yang mengalaminya rentan terjangkit stres?

Stres sebenarnya adalah respon umum yang biasa dikeluarkan oleh seseorang ketika dalam kesulitan, namun tidak bisa berbuat apa-apa. Kelenjar adrenal terus terpacu mengeluarkan hormon adrenalin dan non-adrenalin yang membuat otot Anda menegang, denyut jantung dan pernapasan mulai meningkat. 

Tapi tahukah Anda, bila semua perasaan itu tidak dikeluarkan, akan menjadi sesuatu yang fatal. Anda bisa saja terkena stroke atau serangan jantung.

"Dalam jangka pendek, jantung akan berdebar-debar dan telapak tangan berkeringat dapat memperburuk emosi stres Anda," kata Harbert Benson, ketua penelitian gejala stres dari Harvard yang dikutip dari Shefinds, Sabtu 14 November 2015.

Bila dibiarkan, campuran kimia ini akan mengendap hingga menimbulkan permasalahan fisik dan emosional. Termasuk gejala kecemasan, depresi, PMS, dan gejala menopause. 

Untuk mengurangi tingkat stres, Anda bisa melakukan hal-hal kecil agar pikiran dan tubuh Anda kembali baik dan fokus. Berikut adalah teknik yang bisa dilakukan:

Mini

Lebih dari 35 tahun lalu, Benson mengidentifikasi respon mengenai relaksasi, atau proses fisik yang dapat melawan stres. Penelitiannya membuktikan bahwa Anda bisa memperlambat denyut jantung dan pernapasan ketika dihadapkan dengan sebuah tantangan. Hal ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dan membuat otot Anda kembali rileks.

Langkah pertama, Anda harus mengulangi kata, suara, berdoa, atau gerakan-gerakan kecil. Kemudian pusatkan pikiran Anda dan abaikan masalah Anda. Lakukan teknik pernapasan yang disebut 'mini'. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung lalu tahan tiga hitungan. Kemudian buang napas, ulangi tiga kali.

Jika pikiran Anda belum terfokus, arahkan perhatian Anda kepada pernapasan. Benson merekomendasikan berlatih 'mini' dalam situasi tenang. Teknik ini akan sangat baik bila Anda menjadikannya sebuah kebiasaan baru sebagai respon relaksasi Anda, seperti 10 menit bermeditasi.

Akupresur

Akupresur adalah sebuah metode penyembuhan yang berasal dari pengobatan tradisional China. Metode ini menekankan pada titik-titik tertentu pada tubuh Anda untuk melepaskan ketegangan otot dan merangsang sirkulasi aliran qi atau energi kehidupan. Dua titik dibelakang leher Anda dikenal sebagai 'gerbang pikiran' yang dapat mengurangi stres dan membersihkan pikiran Anda.

"Titik tersebut dapat ditekan untuk menghentikan sakit kepala yang terjadi akibat stres," kata Michael Reed Gard, pendiri Acupressure Institute, Berkeley, California.

Caranya miringkan kepala Anda, tempatkan ibu jari di bagian atas leher Anda, dan harus tepat dibawah dasar tengkorak Anda. Tekan dengan lembut namun tegas. Jangan ditengkorak kepala Anda, tapi tekan bawahnya. Bila ibu jari Anda lemah atau rematik, gunakan buku-buku jari Anda sebagai gantinya.

"Saat Anda menekan, ambil napas tiga sampai lima kali dengan lambat dan dalam. Setelah selesai, biarkan tangan Anda melayang ke pangkuan Anda dan turunkan dagu ke dada. Ambil napas, dan rasakan tubuh Anda," kata Gach.

Jadi rilekskan pikiran Anda, selamat berakhir pekan!

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section