1. HOME
  2. FRESH

Buang Air Kecil Terus? Mungkin Anda Mengidap Penyakit Ini

Kurangi alkohol dan kafein, serta berolahraga Kegel adalah solusinya.

By Dian Ardiahanni 14 November 2015 13:51
Ilustrasi (flickr.com)

Money.id - Apakah Anda sering merasakan dorongan buang air kecil terus menerus, sehingga kesulitan untuk menahannya? Mungkin Anda memiliki kandungan kemih terlalu aktif atau dikenal dengan nama overactive bladder (OAB).

Dilansir laman Hufftington Post, Sabtu 14 November 2015, dokter mendiagnosa pengidap OAB memiliki frekuensi buang air kecil delapan kali dalam jangka waktu 24 jam. Bahkan mereka bisa terbangun untuk buang air kecil hingga dua atau tiga kali setiap malam.

Untungnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan pasien OAB untuk mengurangi kebiasaan buruk itu, yakni dengan mengubah gaya hidup.

Pertama, adalah dengan membatasi jumlah asupan alkohol dan kafein, karena itu akan merangsang otot-otot di kandung kemih. Konsumsi kafein sebaiknya hanya 100 miligram atau sekitar setengah cangkir kopi per hari. Selain itu, disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah, sayur, dan biji-bijian.

Kedua adalah rutin melakukan senam kegel. Bukan cuma untuk mengurangi gejala AOB, kegel dipandang sebagai latihan terbaik untuk menjaga kesehatan kandung kemih.

Ketiga adalah meditasi. Dalam beberapa kasus pada wanita, problema kandung kemih mereda seiring dengan ketenangan pikiran yang dimilikinya. Maka pasien disarankan untuk mendengarkan audio rekaman selama 15 menit sambil bermeditasi dua kali sehari dalam dua minggu.

Menurut terapis fisik yang fokus pada kontrol kandung kemih di Honolulu, Hawaii, Karen Sebastian, makanan, olahraga, dan merawat diri adalah faktor penting untuk menjaga kesehatan.

"Perubahan gaya hidup ini merupakan poin penting bagi keberhasilan pasien untuk mengurangi gejala kandung kemihnya yang terlalu aktif," ujar Karen.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(a/da)

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section