1. HOME
  2. FRESH
FRESH

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Wisata Anda Bebas Stres

Namun bagaimana jika perjalanan wisata malah membuat Anda tambah stres dan tidak menyenangkan?

By Dian Rosalina 6 Maret 2016 09:48
Ilustrasi Liburan (philippinestravelsite.com)

Money.id - Tujuan berlibur adalah untuk mencari kesenangan dan melepas penat dari banyaknya aktivitas pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Perjalanan wisata bisa membangkitkan semangat dan inspirasi.

Namun bagaimana jika perjalanan wisata malah membuat Anda tambah stres dan tidak menyenangkan? Dilansir dari Wanderlust, Minggu 5 Maret 2016, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari stres ketika sedang dalam perjalanan wisata.

Dr Jane Wilson-Howarth memberikan tips tentang apa yang dapat Anda lakukan agar perjalanan wisata Anda bebas stres. Berikut ulasannya.

1. Persiapan

Sebagai wisatawan, Anda hendaknya melakukan riset tentang tempat yang akan dituju. Selain itu, Anda juga bisa menyusun jadwal perjalanan yang ketat agar perjalanan tersebut tidak melebar ke mana-mana yang mungkin akan menggerus uang saku Anda.

Namun rencana perjalanan yang ketat bisa saja berubah sewaktu-waktu jika ada kekacauan atau bencana melanda wilayah yang menjadi tujuan Anda. Bagi mereka patuh pada jadwal, perubahan tersebut akan menimbulkan stres; namun bagi sebagian orang perubahan tiba-tiba dianggap sebagai kesempatan untuk mengalami hal-hal yang mengejutkan.

Lebih buruk lagi jika bepergian tanpa membuat persiapan atau perencanaan. Karena mereka berisiko menghadapi berbagai macam bahaya. Bisa saja mereka terjebak dalam kerusuhan atau bencana alam, dengan konsekuensi mulai dari tidak bisa mendapat kendaraan untuk pulang atau pembatalan asuransi perjalanan.

Tanpa mengetahui hukum setempat, Anda bisa ditangkap karena membawa barang-barang yang dianggap ilegal, seperti membawa daging babi dan alkohol di negara-negara Muslim atau bahkan biji poppy di Uni Emirat Arab. Ketidaktahuan tentang hukum lokal ini bahkan bisa menjebloskan Anda ke dalam penjara - yang tentu meningkatkan kadar stres Anda.

2. Kesehatan

Wisatawan yang memiliki masalah kesehatan atau penyakit bawaan perlu merencanakan perjalanan dengan hati-hati, bahkan meski itu perjalanan singkat. Jangan karena menganggap Anda bisa melakukan tes darah atau membeli obat di mana saja, Anda tidak membuat persiapan atau perencanaan sebelumnya.

Mengakses layanan kesehatan di tempat yang asing (terutama tujuan wisata yang tidak menyediakan petunjuk bahasa Inggris) dapat memakan waktu dan membuat stres. Membawa perlengkapan medis dan daftar obat Anda akan sangat membantu dalam perjalanan wisata Anda.

Selain itu konsultasikan dengan dokter sebelum memesan tiket untuk perjalanan jarak jauh jika Anda memiliki masalah kesehatan.

3. Mengelola Stres

Melakukan perjalanan wisata adalah untuk menghilangkan stres, meningkatkan produktivitas dan mendapat pengalaman yang tak terlupakan. Banyak tujuan wisata yang menawarkan pengalaman yang tak terduga dan ini sangat bagus untuk meredam stres.

Namun terkadang Anda bisa terus merasa stres meskipun telah melakukan perjalanan wisata. Semua itu tergantung pada pribadi Anda sendiri.

Jika Anda tidak mau terbebani oleh stres dari rumah atau kantor saat berwisata, cobalah untuk mematikan ponsel dan mencari tempat yang tenang, mungkin bisa ke spa atau duduk-duduk di depan kafe sambil menikmati malah yang indah.

4. Jangan Terlalu Berharap

Terlalu berharap bisa mempengaruhi kadar stres Anda. Saat berwisata, Anda membayangkan sebuah tempat yang indah dan tenang. Namun sesampai di sana, Anda menemukan tempat yang tidak nyaman dan tidak menyenangkan. Hal ini akan membuat Anda sangat kecewa, bahkan marah.

Jetlag dan perjalanan yang memakan waktu lama juga mempengaruhi kemampuan Anda menghilangkan stres. Kalau memungkinkan, lakukan perjalanan udara atau darat secara transit. Dengan demikian ada jeda bagi Anda untuk beristirahat atau sekedar melepas lelah.

Hati-hati mempertimbangkan jadwal penerbangan dan jangan langsung memesan penerbangan termurah - mungkin akan lebih baik jika memesan penerbangan yang lebih mahal namun jadwal keberangkatan dan kedatangannya bisa dipertanggungjawabkan. Ini akan meminimalkan jetlag, kelelahan dan perasaan bingung.

5. Penjadwalan

Kunci untuk memiliki perjalanan wisata bebas stres dan menyenangkan adalah menghindari melakukan perjalanan yang terlalu terjadwal. Karena berharap bisa melihat semua tempat wisata, Anda membuat jadwal perjalanan yang melelahkan.

Jadwal perjalanan seperti ini meningkatkan kecenderungan yang bisa menyebabkan kekecewaan dan frustrasi. Intinya, perjalanan wisata dengan banyak tujuan akan meningkatkan kadar stres Anda.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section