1. HOME
  2. FRESH
TIPS KECANTIKAN

Samarkan Jerawat dengan Makeup yang Tepat

Hindari foundation bertekstur tebal, seperti stick foundation atau cream foundation.

By Dian Rosalina 1 Maret 2016 07:00
Ilustrasi Tutupi Jerawat dengan Make up (www.elle.com)

Money.id - Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu penampilan. Masalah kulit tersebut sebenarnya bisa dicegah bila Anda rajin membersihkan wajah dan banyak makan makanan yang menyehatkan, seperti sayuran dan buah.

Namun bila jerawat masih saja muncul, Anda bisa menyamarkannya dengan makeup. Dikutip dari Sociolla, Selasa 1 Maret 2016, Anda bisa menyiasatinya dengan penggunaan riasan yang tepat untuk sementara waktu. Simak caranya:

Bersihkan wajah dan gunakan pelembab

Mulailah ritual makeup dengan membersihkan wajah, terlebih dahulu. Setelah itu, jangan lupa gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit.

Pilihlah pelembab yang tidak mengandung fragrance, memiliki label non-comedogenic, dan bersifat water-based. Agar lebih terlindungi, Anda juga bisa menggunakan pelembab yang disertai oleh tabir surya.

Kuas atau spons

Sebelum merias, pastikan kuas atau spons Anda sudah dibersihkan terlebih dahulu. Jika alat tersebut tidak bersih, makan bakteri yang ada akan masuk ke dalam pori-pori jerawat dan membuat infeksi yang kian parah.

Namun bila tidak memiliki kuas, Anda bisa menggunakan jari-jari tangan yang bersih untuk mengaplikasikan riasan pada wajah.

Primer

Setelah pelembab Anda meresap, gunakan face primer. Primer berguna untuk memperhalus tampilan kulit serta memberikan efek tahan lama untuk riasan Anda.

Gunakan primer ke seluruh wajah, atau bisa di atas jerawatnya saja dengan ditambah concealer. Namun Anda juga harus memperhatikan kandungan dari primer yang digunakan.

Hindari primer yang mengandung silicon karena dapat menyumbat pori-pori hingga jerawat yang baru bisa muncul.

Concealer

Gunakan concealer pada jerawat yang ingin Anda tutupi. Tepuk-tepuk secara perlahan hingga meresap. Jangan digosok karena hal tersebut akan menyebabkan riasan Anda jadi berantakan.

Foundation

Ketika sedang berjerawat, hindari pemakaian foundation dengan tekstur yang tebal seperti stick foundation atau cream foundation. Pilihlah foundation yang berbentuk cair atau powder.

Jika Anda suka menggunakan foundation cair, gunakan bedak dengan tekstur matte agar tahan lebih lama. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan powder foundation, gunakan concealer dulu sebelumnya hanya di bagian kulit yang berjerawat.

Setelah concealer telah membaur dengan kulit, pakai powder foundation secara merata. Sapukan tipis-tipis terlebih dulu, jika lapisan pertama tidak berbaur, Anda bisa melapisinya lagi.

Selamat mencoba! (ita)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section