1. HOME
    2. FRESH
TIPS

14 Kunci Sukses yang Perlu Dilakukan Saat Usia 20-an

Tak hanya mengandalkan pendidikan dan bakat, masih banyak yang perlu dilakukan untuk mencapai kesuksesan.

By Rizki Astuti 29 Februari 2016 09:11
Ilustrasi sukses (Google)

Money.id - Di usia 20 tahunan menjadi titik titik balik dalam hidup. Karier masa depan ditentukan pada usia ini dan pengalaman nyata dalam hidup mulai muncul, lengkap dengan kesalahan yang dilakukan.

Namun bila memasuki usia 20-an dan ingin sukses, ada baiknya Anda melakukan hal ini. Dikutip laman Business Insider, Senin 29 Februari 2016 berikut 14 kunci sukses dan wajib dilakukan saat berusia 20 tahunan.

1. Tak Andalkan Pendidikan dan Bakat
Semua gelar dan ilmu yang didapat di perguruan tinggi menjadi hal terhebat yang pernah diraih dalam hidup. Tetapi semua itu tidak menjamin bahwa Anda akan mendapatkan pekerjaan besar.

Lulusan universitas sia-sia bila Anda tak kerja keras. "Saya menghabiskan masa 20-an saya di lingkungan perusahaan, dan saya ingat selalu bekerja hampir setiap malam dan di akhir pekan," kata Sylvie di Giusto, pendiri Executive Image Consulting.

"Keringat, kerumitan, sakit, serta ketekunan, kesabaran, dan usaha serta energi adalah yang membangun karier saya pada saat ini."

2. Tak Abaikan Kesehatan
Ketika beranjak tua, akan tersadar kalau Anda tidak bisa berpesta seperti masih waktu di perguruan tinggi. "Kumpul-kumpul dengan teman akan terlihat buruk saat usia Anda 28 tahun. Ide jalan-jalan hanya untuk minum-minum sepanjang malam akan tampak tak berguna bagi Anda," tulis Meggie Sutherland Cutter di Quora.

Semakin lama jauh dari kampus, semakin Anda akan menyadari bahwa minum berlebihan, merokok, dan diet yang tidak sehat merupakan kebiasaan berbahaya.

Profesor komunikasi Michael Weston mengatakan mereka yang berusia 20 tahunan perlu memperhatikan kesehatan mental, karena masalah biasanya muncul direntang usia tersebut.

3. Tak Habiskan Seluruh Pendapatan 
Pada 2014 survei dilakukan terhadap 1.003 orang dari Bankrate dan hasilnya sekitar 69% dari mereka yang berusia 18 sampai 29 tahun tidak memiliki tabungan pensiun sama sekali.

Pensiun mungkin tampak masih lama, tapi Anda akan rugi besar jika tidak memahami pentingnya menabung sesegera mungkin. Pengusaha Aditya Rathnam mengatakan tidak perlu menabung dalam jumlah besar, jika Anda baru memulai.

4. Tak Anggap Uang Sumber Kebahagiaan
Prestise dan gaji besar tentu membuat Anda lebih bahagia, tapi ada nilai lebih tentang kesuksesan daripada dua hal itu, kata Joe Choi di Quora. Anda akan menyesal seumur hidup, bila hanya mengejar gaji melimpah.

5. Tak Mudah Menyerah Saat Hadapi Masa Sulit
Putus dari kekasih, dipecat dari pekerjaan, dan startup gagal mungkin terlihat akan menghancurkan kehidupan, ketika semua itu terjadi pada Anda untuk pertama kalinya.

Namun, bukannya menyerah atau mencari target yang lebih rendah. Anda justru harus menggunakan kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar dan memperbaiki diri sendiri.

6. Tak 'Disetir' Orang Lain
Ketika baru memulai karier dan tidak yakin arah mana yang akan dituju, Anda mungkin membiarkan orang lain memilihkan jalan. Namun Anda tak seharusnya demikian.

Ini sebabnya investor 'Shark Tank' Lori Greiner mengatakan setiap pengusaha yang pernah bekerja dengannya tidak pernah membiarkan pendapat orang lain mempengaruhi mereka secara pribadi.

"Keberhasilan Anda dalam mencapai sukses berkaitan dengan bagaimana Anda memandang diri sendiri, karena bagaimana Anda memandang diri sendiri adalah bagaimana orang lain akan melihat Anda juga," kata Greiner.

7. Tak Membiarkan Ketidaksabaran Melumpuhkan
Bersabar dan tetap fokus pada masalah saat ini. Pendiri dan CEO Matisia Consultants, Kristina Roth, mengatakan saat masih muda, dia merasa harus mencapai semua tujuannya sesegera mungkin. Ini adalah pola pikir ketidaksabaran yang kontra produktif.

"Dalam usia 20-an, saya belajar konsep menunda kepuasan dan bahwa Anda perlu memperhatikan poin keputusan penting dalam pohon kehidupan, yang akan mengubah hidup Anda dengan berbagai cara," katanya.

Next: Pindah tempat kerja bukan jaminan

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section