1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Cara Efektif Obati Jerawat di Kulit Kepala

Atasi jerawat di kulit kepala penyebab gatal dan ketombe dengan cara alami berikut.

By Azalia Amadea 25 Februari 2016 11:00
Ilustrasi kepala gatal akibat jerawat (Foto: stylecraze.com)

Money.id - Jerawat dapat muncul di mana saja tidak terkecuali di kulit kepala. Jika jerawat tersebut muncul, kulit kepala menjadi terasa gatal dan tumbuh benjolan merah kecil.

Jerawat di kepala disebabkan oleh semacam adanya penyumbatan pada pori-pori kulit kepala. Jerawat tersebut juga dapat menimbulkan ketombe.

Jerawat di kepala dipicu oleh beberapa faktor seperti perubahan hormonal, stres, kondisi lembab, polusi, bahan kimia, shampo, dan minyak rambut.

Mencuci rambut terlalu sering atau mencuci rambut menggunakan air panas juga dapat memicu jerawat muncul di kepala. Oleh karena itu, sebaiknya mencuci rambut cukup dua kali sehari dan menggunakan air hangat.

Foto: boldsky.com

Melansir dalam laman boldsky.com Kamis 25 Februari 2016, ada beberapa bahan alami yang dapat menghilangkan jerawat pada kulit kepala. Selain dapat mengobati jerawat bahan-bahan alami tersebut juga dapat menutrisi rambut.

Cuka
Cuka adalah obat yang sangat populer untuk mengobati jerawat pada kulit kepala. Asam malat yang terkandung di dalamnya membantu menghilangkan minyak dan kotoran yang menyumbat di kulit kepala. Cuka juga dapat mempertahankan PH kulit dan membantu menyingkirkan bakteri jahat di kepala.

Lidah buaya
Lidah buaya juga termasuk salah satu bahan yang sangat bermanfaat untuk rambut. Lidah buaya juga sangat dianjurkan untuk mengobati jerawat pada kulit kepala. Efek pendinginan dari lidah buaya dapat mengurangi rasa gatal dan secara berkala memyembuhkan jerawat.

Daun mint
Daun mint bersifat sebagai anti inflamasi dan antiseptik. Mint yang dikemas dalam mentol dapat memberikan efek pendinginan pada kulit kepala, kepala juga akan terasa segar dan bersih kembali.

Jeruk nipis
Buah kuning ini kaya akan zat alpha-hydroxy acid yang dapat membantu menghilangkan jerawat pada kulit kepala. Zat tersebut juga dapat mengembalikan keseimbangan PH pada kulit kepala dan membuat rambut lebih berkilau.

Pepaya
Buah ini juga dapat menyembuhkan jerawat pada kulit kepala. Zat asamnya hadir untuk memecah zat minyak pada sel-sel kulit mati di kepala dan tentunya menutrisi kulit kepala agar tetap sehat.

Tomat
Buah bulat merah ini juga dapat menyembuhkan jerawat di kulit kepala, caranya haluskan tomat dengan blender dan aplikasikan pada kulit kepala. Setelah rata diamkan beberapa menit dan bilas dengan air. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section