1. HOME
  2. FRESH
MONEY TUESDAY

Pakai Nama 'Bule', Bodypack dan Eiger Ternyata Made in Bandung

Terbagi dalam tiga brand utama, yakni: Eiger, Bodypack dan Nordwand.

By Rohimat Nurbaya 23 Februari 2016 17:01
Logo Eiger (eigeradventure.com)

Money.id - Eiger dan Bodypack merupakan produk Indonesia yang mulai dikenal di luar negeri. Meski namanya kebarat-baratan ternyata produk tersebut asli Bandung, Jawa Barat. Keduanya berada dalam satu induk PT Eigerindo Multi Produk Industri.

Pabrik mereka terletak di Soreang, Kabupaten Bandung. Kawasan tersebut memang salah satu lokasi perindustrian terbesar di Bandung.

PT Eigerindo Multi Produk Industri bergerak di bidang manufaktur dan retail peralatan petualangan alam terbuka yang terbesar di Indonesia. Produk mereka adalah, tas, sepatu, sandal, jaket, jas hujan, topi dan lain sebagainnya.

Salah satu produk Eiger (eigeradventure.com)

PT Eigerindo Multi Produk Industri memproduksi tas dan peralatan petualangan, terbagi dalam tiga brand utama, yakni Eiger dengan memposisikan diri untuk gaya hidup berpetualang atau lifestyle adventure.

Kemudian Bodypack dengan positioning e-lifestyle, dan Nordwand dengan positioning kehidupan alam terbuka (outdoor living).

"Brand kami dikenal luas sebagai brand lokal yang sangat terkemuka di Indonesia. Pada tahun 2009," kata Ronny Lukito, Owner Eiger dikutip dari laman resmi Eiger.

Perusahaan tersebut didirikan pada tahun 1993 di Bandung. Nama perusahaannya, Eiger, terinspirasi dari gunung Eiger, yakni gunung yang terletak di Bernese Alps, Swiss, berketinggian 3.970 m di atas permukaan laut.

Berawal dari fasilitas yang sangat terbatas, Eiger meluncurkan produk tas dengan hanya dua mesin jahit. Jalan Cihampelas Nomor 22 Bandung adalah saksi bisu dirintisnya usaha tersebut, yang kemudian dibuka pula sebuah mini-toko tas di tempat yang sama.

Ekspor

Salah satu cara Eiger memperkenalkan produknya ke luar negeri dengan membuka kantor perwakilan di Kuta, Bali. Alasannya sangat sederhana, karena di kawasan tersebut banyak dikunjungi orang asing.

Bali dianggap sebagai lokasi yang berpotensi mengangkat nama Eiger di kancah internasional. Pembukaan outlet dan kantor di Bali dilakukan pada 2015.

Dengan cara tersebut, Eiger berharap bisa ekspansi penjualan produk lebih besar di mancanegara. Ronny menyebut, 5 persen produk Eiger sudah diekspor ke luar negeri.

Guna mendongkrak penjualan, Eiger juga kerap mengadakan berbagai acara berkaitan dengan kegiatan alam, acara tersebut digelar rutin setiap tahunnya. (ita)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section