1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Tips Agar Belanja Bulanan Tidak Kalap

Uang yang dibawa secara pas-pasan akan membuat Anda terpaksa belanja sesuai dengan budget.

By Azalia Amadea 2 Maret 2016 13:01
Ilustrasi merencanakan perbelanjaan (Foto: popsugar.com)

Money.id - Ketika gaji sudah di tangan adalah waktu yang tepat untuk belanja keperluan bulanan. Namun, mengatur pengeluaran untuk sebulan bukanlah hal yang mudah.

Sering kali saat belanja bulanan kita menjadi 'kalap' membeli barang-barang yang tidak termasuk dalam daftar belanjaan. Akibatnya, pengeluaran menjadi bertambah dan tak sadar uang di tabungan menipis.

Mengutip dalam laman vemale.com Rabu 2 Maret 2016, berikut adalah cara untuk menyiasati agar belanja bulanan tidak menjadi kalap dan terhindar dari kebangkrutan di awal bulan.

1. Cek bahan yang Anda miliki

Mengecek bahan-bahan yang masih Anda miliki di rumah, hal tersebut dapat membantu Anda menentukan bahan apa saja yang dibutuhkan selama sebulan ke depan.

Hal penting yang perlu diterapkan adalah berkomitmen untuk belanja sesuai dengan daftar yang sudah Anda buat sebelumnya.

2. Buat rencana memasak untuk satu bulan

Menyusun rencana menu masakan untuk sebulan juga dapat membantu Anda menentukan kebutuhan yang perlu dibelanjakan. Pastikan bahan-bahan tersebut cukup untuk Anda masak selama sebulan.

3. Buat rincian belanja

Saat Anda akan belanja ke supermarket, susun terlebih dahulu daftar rincian belanjaan yang akan Anda beli. Hindari membeli bahan di luar dari rincian tersebut. Tulis semua bahan yang dibutuhkan selama satu bulan sebelum pergi untuk berbelanja.

4. Belanja sendiri

Dengan belanja sendirian akan membuat Anda fokus dengan barang yanag akan dibelanjakan. Belanja sendiri juga membuat Anda terhindar membeli barang yang tidak perlu dibeli.

5. Beli kebutuhan rutin dengan jumlah besar

Membeli bahan yang Anda butuhkan secara rutin dalam jumlah banyak akan membuat pengeluaran lebih hemat. Jika terdapat diskon jangan sia-siakan kesempatan tersebut, umumnya toko akan memberi diskon khusus jika melakukan pembeliaan dalam jumlah banyak.

6. Bayar dengan uang tunai

Belanja dengan uang tunai akan membuat Anda lebih hemat. Saat belanja bulanan, simpanlah kartu debit atau kredit Anda di rumah.

Uang yang dibawa secara pas-pasan akan membuat Anda terpaksa belanja sesuai dengan budget.

Cobalah menerapkan cara berbelanja tersebut agar Anda terhindar dari kebangkrutan di awal bulan.

Aturlah keuangan Anda sebaik mungkin, jangan sampai kecolongan untuk membeli barang yang tidak ada dalam daftar belanjaan. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section