1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KERJA

7 Perilaku ini Membuat Anda Dijauhi Rekan Kerja dan Atasan

Cobalah koreksi diri Anda, mungkin hal ini disebabkan oleh perilaku yang membuat orang di sekeliling tempat kerja risih

By Abdul Kharis 1 Maret 2016 08:49
Ilustrasi orang yang sedang bekerja (tifaq.com)

Money.id - Jika atasan atau rekan kerja banyak yang menjauhi Anda, jangan merasa rendah diri. Cobalah koreksi diri Anda, mungkin hal ini disebabkan oleh perilaku yang membuat orang di sekeliling tempat kerja risih.

Dikutip dari business Insider, berikut tujuh perilaku yang membuat Anda dibenci di tempat kerja:

1. Selalu mengeluh

Meskipun mungkin ada saat-saat ketika semua orang mempunyai keinginan untuk mengeluh tentang bos, rekan kerja, atau tugas, tetapi menyuarakan hal itu hanya akan membuat terlihat tidak profesional dalam bekerja.

Ini bahkan lebih buruk jika mengeluh setiap hari, bahkan sepanjang hari. Hasilnya, rekan kerja akan menjauh untuk menghindari Anda.

2. Sering datang terlambat

Ketepatan waktu sangat penting. Jika Anda seing terlambat, maka otomatis tugas-tugas kantor akan terbengkalai.

Selain itu, bos membenci karyawan yang sering datang terlambat. Begitu juga dengan rekan kerja yang merasa dirugikan, jika ada tugas yang harus diadakan bersama.

3. Menanyakan hal yang sama pada setiap tugas

Mungkin tidak ada pertanyaan bodoh, tapi pasti menurut atasan Anda, ada pertanyaan menjengkelkan. Ini adalah jenis pertanyaan yang membuktikan bahwa Anda benar-benar tidak ingin melakukan tugas atau menggambarkan hanya ingin mendengar diri sendiri berbicara.

Ketika menerima tugas baru, kumpulkan pertanyaan Anda, dan bertanyalah dengan cara yang terorganisir. Jangan hanya menyemburkan pertanyaan spontan, tanpa dipikir terlebih dahulu, atau menanyakan hal yang sama dengan tugas sebelumnya.

4. Menampilkan kebiasaan gugup

Memainkan kunci, gemetar, terus-menerus memeriksa telepon, memakan permen karet, menggigit kuku Anda, menggaruk-garuk kepala Anda, kebiasaan ini tidak hanya dapat mengganggu rekan kerja, tetapi mereka juga dapat menilai itu sebagai sebuah kebosanan.

5. Jorok dan tidak merawat diri

Anda ingin terlihat seperti Anda melakukan pekerjaan dengan serius ketika berjalan memasuki kantor, kebersihan dan penampilan berperan dalam hal itu.

Kebersihan yang buruk dan memakai pakaian yang ceroboh saat berkerja merupakan 'cara jitu' untuk menunda pekerjaan orang di sekitar Anda.

6. Melakukan aktivitas lain selama bekerja

Ada alasan mengapa SMS dilarang saat mengemudi. Tidak mungkin kan berkonsentrasi penuh pada dua hal secara bersamaan. Demikian pula di dunia bekerja.

SMS-an, main internet, atau chatting merupakan hal-hal yang sering orang lakukan selama bekerja. Jika melakukan hal ini, sebenarnya atasan tahu bahwa Anda duduk manis di kursi kerja, tetapi pikiran tidak pada pekerjaan.

7. Terlalu berisik saat bekerja

Apakah Anda memainkan musik keras, sementara yang lain mencoba untuk bekerja atau melakukan percakapan? Rekan kerja mungkin menganggap Anda salah satu gangguan yang paling menjengkelkan di kantor.

Berisik di tempat kerja memiliki efek yang signifikan pada fokus dan produktivitas rekan kerja Anda. (ita)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section