1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Alasan Sayur Siap Saji Tidak Perlu Dicuci Lagi

Sayuran 'siap saji' itu sebaiknya tidak dicuci lagi.

By Dian Rosalina 6 Maret 2016 07:40
Ilustrasi Sayuran Siap Saji yang ada di Supermarket (wikipedia)

Money.id - Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sejumlah sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak terlebih dahulu, sementara yang lainnya harus diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, dikukus, digoreng, atau disangrai.

Untuk mempermudah masyarakat modern, kini sudah tersedia sayuran yang dibeli di supermarket. Sayuran tersebut adalah jenis sayuran yang siap saji di meja makan. Tapi tetap saja banyak orang yang mencucinya demi menjaga keamanannya.

Dikutip Menshealth, Minggu 6 Maret 2016, menurut Sandria Godwin, Ph.D., peneliti keamanan pangan dan profesor di College of Agriculture, Human and Natural Sciences di Tennessee State University mengatakan sayuran 'siap saji' itu sebaiknya tidak dicuci lagi.

"Jika di bungkus atau kantong sayuran telah tertulis washed, pre-washed, triple washed, ready to eat, atau memiliki indikasi lain bahwa itu sudah dicuci, Anda lebih baik tidak membilasnya lagi," katanya.

Label-label dalam bungkus atau kantong tersebut menunjukkan bahwa sayuran telah melalui setidaknya satu siklus pencucian dengan larutan pembersih sebelum dikemas.

Pembersih ramah lingkungan yang aman dikonsumsi manusia tersebut mengandung hidrogen peroksida atau klorin untuk membunuh bakteri yang menempel pada makanan dan menjaganya agar tidak berkembang biak.

"Tetapi jika Anda membuka bungkusnya dan mulai menyentuhnya, sayuran akan melakukan kontak dengan organisme pada kulit, permukaan meja, atau air," kata Godwin. Hal ini dapat meningkatkan risiko bakteri atau kuman yang menyebabkan penyakit ikut tertelan.

Jadi, Anda lebih baik tidak menyentuh sayuran siap saji itu sama sekali. Anda hanya perlu menuangkan langsung ke dalam mangkuk.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section