1. HOME
  2. FRESH
TIPS KERJA

Tips Sukses Menjadi Karyawan Baru

Sebelum memasuki dunia kerja, ada banyak hal yang harus Anda persiapkan.

By Abdul Kharis 4 Maret 2016 09:04
Ilustrasi karyawan/Shortlister

Money.id - Menjadi karyawan bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin memiliki karier. Sebelum memasuki dunia kerja, ada banyak hal yang harus Anda persiapkan. Salah satunya adalah saat memasuki babak baru sebagai pegawai.

Berikut adalah enam tips untuk karyawan baru agar bisa sukses ke depannya seperti dikutip dari financial-planning.com

1. Tanyakan kepada diri "kenapa"?

Tanyakan kepada diri Anda, mengapa ingin menjadi karyawan sesuai dengan bidang yang dikerjakan saat ini? Pastikan diri berada dalam pekerjaan ini untuk alasan yang tepat dan selalu menjaga pikiran itu untuk ke depannya.

2. Tentukan komitmen dan tujuan

Salah satu definisi stres adalah kondisi di mana tindakan kita tidak konsisten dengan keyakinan kita.

Pastikan Anda memahami dan berkomitmen pada tujuan awal menjadi karyawan di bidang yang saat ini dijalani.

3. Memahami pilihan Anda

Semua pekerja di segala model bisnis menyebut diri mereka "karyawan".

Anda dapat menjadi jurnalis, sales, atau admin. Masing-masing pilihan ini memiliki pro dan kontra, tetapi yang mana paling sesuai dengan karier yang Anda ingin bangun?

Luangkan waktu untuk menyelidiki dan memahami implikasi profesi yang sedang dijalani, sehingga dapat secara sadar memahami pilihan Anda.

4. Buat rencana

Buatlah rencana untuk mendapatkan keterampilan menjadi karyawan sesuai bidang yang Anda tampilkan, pengetahuan dan pengalaman sangatlah diperlukan.

Itu bisa dilakukan dengan cara mengambil pekerjaan sebagai karyawan baru di perusahaan yang sudah berpengalaman, mengambil magang atau bergabung dengan perusahaan yang mungkin tidak menjadi pilihan utama. Hal ini akan memberikan pelatihan atau pengalaman berharga sebagai karyawan.

5. Mendidik diri

Didiklah diri Anda sebagai karyawan yang baik dengan mengambil kursus sesuai dengan bidang yang dikerjakan. Bisa juga mengambil pendidikan sesuai dengan profesi Anda.

6. Cari mentor

Tidak ada yang mengajarkan leih baik dibandingkan pengalaman. Cari mentor yang sudah berhasil menjadi karyawan yang baik dengan jam terbang tinggi. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section