1. HOME
    2. FRESH
MONEY WEEKEND

Liburan Murah ke Pulau, Pakai 'Open Trip' Saja

Semakin banyak orang meng-upload foto-foto perjalanan mereka ke suatu tempat, membuat liburan adalah suatu hal yang wajib untuk dijalani.

By Dian Rosalina 4 Maret 2016 13:41
Snorkling di Kepulauan Seribu (Ardventure Travelindo)

Money.id - Setiap orang pastinya membutuhkan liburan setidaknya satu bulan sekali untuk melepas penat dan menghibur diri. Namun seiring berjalannya waktu liburan sudah menjadi kebutuhan gaya hidup.

Semakin banyak orang mengunggah foto-foto perjalanan mereka ke media sosial, membuat liburan adalah suatu hal yang wajib untuk dijalani. Karena itulah, sekarang ini banyak agen travel yang memberikan penawaran murah untuk liburan singkat ke beberapa tempat wisata dengan sistem open trip.

Salah satunya adalah agen travel via online Ardventure Travelindo, yang menawarkan open trip ke beberapa tempat wisata bahari. Pendiri sekaligus pemilik dari agen travel tersebut, Gusti Rachmat, mengatakan bahwa agen travel sebenarnya hanya 'jembatan' untuk para masyarakat yang ingin berlibur namun belum memiliki banyak pengalaman.

"Beberapa orang yang belum berpengalaman liburan sendiri, biasanya akan memakai agen travel seperti kami. Karena kalau liburan sendiri agak susah kalau tidak kenal dengan situasi tempat wisatanya dan para penduduk lokal," kata Gusti yang ditemui Money.id di kawasan Jakarta Selatan, Jumat 4 Maret 2016.

Karena itu, ia membuka paket open trip untuk para turis lokal maupun mancanegara yang ingin berwisata bahari dengan waktu yang tidak terlalu panjang. Tidak banyak orang yang tahu bahwa open trip adalah istilah yang diberikan oleh agen travel untuk sebuah perjalanan dengan digabung dengan beberapa orang hingga membentuk kelompok kecil.

Open trip terbuka untuk umum, namun biasanya ada batasan usia dan peseta yang ditentukan oleh koordinator trip. Dalam sebuah open trip, hanya ada satu harga yang diberikan dalam satu kali trip, dimana harga tersebut sudah mencakup fasilitas dan pelayanan dalam perjalanan itu.

"Jadi open trip itu harganya lebih murah, karena fasilitasnya sharing dengan yang lain. Untuk open trip dari kami standarnya sih 10-20 orang dalam satu kelompok. Jadi kalau kurang dari 10, bisa diundur atau kalau mau langsung jalan dengan orang yang ada, harganya harus disesuaikan lagi," ujar dia.

Sebagian besar tujuan perjalanan yang ditawarkan open trip Ardventure Travelindo adalah kepulauan seribu. Seperti pulau Tidung, pulau Pari, pulau Harapan, dan pulau Pramuka. Tetapi kalau ada yang ingin berbeda dari biasanya, mereka memberikan alternatif ke pulau-pulau kosong yang ada di kepulauan seribu dan berkemah di pulau tersebut.

NEXT: Harga open trip murah meriah (bersambung ke halaman berikutnya)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section