1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Tips Memilih Makanan Bagi yang Rutin Berolahraga

Sumber protein utama terdapat dalam telur dan susu. Bagi olahragawan telur sudah menjadi makanan wajib mereka.

By Azalia Amadea 3 Maret 2016 11:45
Ilustrasi makanan tepat saat berolahraga (Foto: blisstree.com)

Money.id - Berolahraga adalah salah satu cara yang paling tepat untuk membuat tubuh Anda menjadi proporsional. Namun, olahraga yang dilakukan berlebihan tidak dapat berhasil tanpa pengaturan pola makan tepat.

Bagi mereka yang rutin ke gym disarankan untuk makan 1/2 jam sebelumnya. Hal tersebut penting agar pada saat berolahraga tubuh tidak kekurangan zat tenaga.

Tubuh membutuhkan asupan zat tenaga saat melakukan aktivitas apapun baik bekerja maupun berolahraga. Asupan yang keluar dari tubuh haruslah seimbang dengan asupan yang masuk ke dalam tubuh.

"Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat berjenis kompleks yang artinya makanan tersebut dapat dicerna lama. Seperti olahan gandum, pasta, havermout yang asupannya dapat dipecah lama dan memberikan asupan energi yang lama pula," kata ahli gizi Siti Muliana kepada Money.id dalam acara relaunching Tepung Premiks Chesa di Jakarta, Kamis 3 Maret 2016.

Berikut tips lainnya memilih makanan bagi mereka yang aktif olahraga setiap hari:

1. Batasi asupan lemak dalam tubuh
Agar kegiatan olahraga tidak sia-sia, sebaiknya Anda mengurangi asupan makanan berlemak. Kurangi juga makanan yang proses masaknya digoreng karena banyak mengandung lemak jenuh dari minyak yang terserap dalam gorengan tersebut.

2. Makanan tinggi serat
Serat sangat dibutuhkan tubuh untuk memperlancar pencernaan. Rajinlah memakan sayuran dan buah yang kaya akan serat, sebab itu baik untuk pencernaan Anda.

3. Kaya protein
Sumber protein utama terdapat dalam telur dan susu. Bagi olahragawan, telur sudah menjadi makanan wajib mereka.

Sempurnakan asupan protein Anda dengan minum segelas susu setiap harinya, dan usahakan untuk meminum susu dengan kadar lemak rendah.

4. Makan teratur sesuai jamnya
Biasakan untuk makan tepat waktu, agar tidak terserang penyakit. Makan utama umumnya tiga kali sehari yaitu sarapan idealnya pada pukul 06.00-08.00 WIB, makan siang 11.30-13.00 WIB, dan makan malam 17.3-19.00 WIB.

Sehabis olahraga terkadang nafsu makan bertambah, aturlah porsi makan agar sesuai dengan menu sehat. Jika terasa lapar, ganjal dengan makanan rendah kalori seperti jus buah, buah potong atau empat keping biskuit. Camilan tersebut cukup untuk mengganjal perut Anda yang terasa lapar sesudah berolahraga. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section