1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Unik, Apel Ini Miliki Dua Warna

Peneliti buah mengatakan apel dengan dua warna ini mengalami mutasi genetik secara acak.

By Azalia Amadea 27 November 2016 07:31
apel dua warna (telegraph.co.uk)

Money.id - Petani buah asal Devon, Inggris bernama KenMorrish terkejut ketika mengetahui salah satu pohon apel yang ditanamnya menghasilkan buah unik.

Pohon dari jenis Golden Delicious itu menghasilkan buah apel dengan dua warna, satu sisi hijau dan satu sisi lainnya merah. Warna aneh buah itu diduga disebabkan oleh mutasi genetik acak yang merupakan peristiwa sangat langka.

Melansir laman telegraph.co.uk, Minggu 27 November 2016, kemunculan apel tersebut membuat heboh warga di desa Colaton Raleigh, tempat Morrish tinggal. Kebun Morrish bahkan dibanjiri para tetangga yang penasaran dan ingin mengambil gambar apel langka tersebut.

Pria berusia 72 tahun itu telah menjadi petani apel selama 45 tahun. "Ini benar-benar menakjubkan. Buahnya tampak seperti apel hijau dan merah dibelah persis di bagian tengah, setelah itu ditempel menjadi satu," katanya.

Morrish mengatakan, ia menemukan buah tersebut bergantung di salah satu pohonnya saat ia sedang memetik beberapa buah apel untuk adik iparnya.

"Saya tidak percaya dengan mata saya. Belahan warna merah dan hijaunya benar-benar sempurna, seolah-olah sudah dicat. Kami belum pernah melihat buah apel seperti itu sebelumnya," kata pensiunan pelukis dan dekorator ini.

Para ahli percaya bahwa kemungkinan menemukan buah apel dengan garis belahan yang sempurna antara hijau dan merah adalah satu di antara sejuta.

Dalam kasus seperti ini, sisi merah biasanya rasanya lebih manis dari yang hijau. Sebab, sisi merah mendapatkan lebih banyak sinar matahari selama pertumbuhannya.

Jim Arbury, peneliti buah di RHS Garden Wisley di Surrey, mengatakan kasus yang menimpa apel Morrish itu mungkin hasil dari mutasi genetik secara acak.

"Hal ini dikenal sebagai chimera di mana satu dari dua sel pertama berkembang secara berbeda sehingga menghasilkan belahan warna dan rasa apel yang berbeda," katanya.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section