1. HOME
  2. FOODILICIOUS
KULINER

Ini 5 Makanan Unik Jepang yang Mungkin Terdengar Asing

Berikut lima makanan unik dari Jepang yang mungkin terdengar asing di telinga Anda.

By Azalia Amadea 16 November 2016 11:13
Sajian matsu no mi shira ae (cnn.com)

Money.id - Mungkin masakan Jepang sudah tidak asing lagi sebagian lidah orang Indonesia. Sebut saja yakiniku, teriyaki ramen, curry, bento, dan sushi. Bahkan makanan-makanan tersebut mudah ditemukan di mall-mall Tanah Air.

Namun, apakah Anda sudah pernah mencicipi makanan unik dari Jepang berikut ini? Melansir laman CNN, Rabu 16 November 2016 berikut lima makanan unik dari Jepang yang mungkin terdengar asing.

1. Shiso maki

Ini adalah makanan ringan yang dibuat dengan bumbu berbahan dasar dari kenari, mete, atau miso (sejenis bumbu masak hasil fermentasi). Kemudian dibungkus dengan daun shiso. Makanan ringan tersebut kemudian digoreng dan disajikan bersama nasi.

2. Harako meshi 

Sajian harako meshi
© 2016 money.id/cnn.com)

Para arkeolog menunjukkan bahwa penduduk awal wilayah Tohoku, yaitu orang-orang Jomon sudah memancing ikan salmon sejak 5.000 tahun yang lalu. Salmon selalu memainkan peran penting dalam kuliner Tohoku dan Harako. Misalnya saja dalam sajian meshi (nasi anak salmon) yang disajikan dengan sesendok kaviar.

3. Kaki no dote nabe

Kaki no dote nabe adalah sup miso tiram yang disajikan dalam hotpot. Disebut dote nabe (hotpot tepi sungai) karena warna miso yang kecokelatan menyerupai tanah yang dioleskan di pinggiran hotpot. Saat dimasak, miso akan luruh ke bagian tengah secara pelan-pelan, memberikan rasa pada sup dan membuatnya terlihat kental.

4. Michinoku kokeshi bento

Salah satu oleh-oleh khas Jepang adalah patung mini kokeshi atau warga lokal menyebutnya ningyo. Dan ekiben (nasi kotak) yang banyak dijual di stasiun kereta api di Jepang disajikan menggunakan wadah imut nan cantik berbentuk boneka kokeshi. Namun ekiben berbentuk boneka kokeshi ini dimasak melalui proses yang rumit disebut takikomi. Tahu goreng dan sayuran pertama dimasak untuk menghasilkan kaldu yang beraroma kuat. Lalu ditambahkan kaldu agar gurih.

5. Matsu no mi shira ae, kaki utsuwa

Matsu no mi shira ae adalah buah kesemak yang dimakan bersama dengan buah-buahan lainnya seperti anggur, pir, dan apel. Kemudian disiram dengan saus terbuat dari kacang pinus dan tahu yang disebut shira ae. Uniknya, buah kesemak tersebut dijadikan sebagai wadah buah-buahan yang sudah dicampur dengan shira ae. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section