1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Barista Siap Unjuk Gigi di Indonesia Coffee Event 2017

ICE 2017 menjadi wadah bagi para barista dan pecinta kopi.

By Rizki Astuti 13 November 2016 15:05
Chicco Jerikho (Brilio.net)

Money.id - Bukan hanya kopi Indonesia yang dikenal, namun para barista juga berhasil mencuri perhatian dunia lewat ajang Indonesia Coffee Event (ICE) 2017. Ya, mengangkat tema 'Best of The World' seluruh pemenang akan diberangkatkan bertanding ke ajang kejuaraan barista dunia pada 5-8 April 2017.

Ajang itu adalah World Barista Championship (WBC) yang diselenggarakan di Korea Selatan, sementara World Brewers, Latte Art, dan Cup Taster Championship akan diselenggarakan di Budapest, Hungaria.

Menurut Ketua II Barista Guild of Indonesia (BGI) Muhamad Aga, kegiatan ICE 2017 menjadi wadah bagi para barista dan pecinta kopi. Sebab, membuat kopi tidaklah sesederhana yang diterapkan selama ini.

"Di kota besar pasti sudah tahu duluan, enggak sesimpel bikin kopi, bisa banyak caranya. Ada value lebih menjadi barista karena mereka juga menjadi story teller tentang perjalanan kopi yang dibuat sampai diminum," ujar Aga yang dikutip dari Otonomi.co.id, Minggu 13 November 2016.

Sebagai negara penghasil kopi keempat di dunia, katanya, Indonesia masih dalam tahap perlahan untuk menembus pasar Internasional. Walaupun begitu, setidaknya barista Indonesia dapat unjuk gigi di dunia.

"Kalau dikaitkan dengan negara penghasil kopi keempat terbesar kejauhan sih. Kan profesi barista yang mau kita angkat. Kita maunya barista Indonesia dikenal dulu ke internasional, baru bergeser ke kopinya," tutur Aga.

Pengawas BGI Irvan Helmi juga menambahkan, kini profesi barista menjadi ujung tombak dari keberlangsungan bisnis kedai kopi. Di tangan seorang barista, racikan kopi menjadi sempurna.

"Harapan kami supaya barista makin maju dan profesional, dikenal, dan dihargai di negara luar. Barista adalah ujung tombak pembuatan kopi," kata Irvan.

Kehadiran barista di bisnis kopi ini sangat penting. Katanya, karena mereka harus mengembangkan inovasi dengan berbagai racikan menarik. Di tangan mereka kopi biasa menjadi luar biasa berkat sentuhan tangan barista.

"Kopi enak saja tidak cukup, tetapi barista yang terampil mampu mengubah kopi menjadi sempurna," kata dia. (ita)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section