1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Pedasnya Sajian Mbah Jingkrak Bikin Ketagihan

Mbah Jingkrak berasal dari dua kata yaitu 'mbah' yang berarti nenek dan 'jingkrak' yang menggambarkan makanan di restoran pedas.

By Azalia Amadea 19 November 2016 15:25
Mbah jingkrak (Money.id/Azalia Amadea)
Money.id - Suasana Jawa kental terasa ketika memasuki restoran bertuliskan 'Mbah Jingkrak' yang terletak di Jalan Setiabudi Tengah Nomor 11, Jakarta Selatan. Restoran itu menyuguhkan sekitar 60 menu khas Jawa Tengah yang justru tak dominan rasa manis, melainkan pedas yang bikin pengunjungnya sampai berjingkrak. 
 
Sebenarnya, nama Mbah Jingkrak berasal dari dua kata yaitu 'mbah' yang berarti nenek dan 'jingkrak' yang menggambarkan bahwa makanan di restoran ini 70 persennya bercita rasa pedas. Hal itu diakui langsung oleh Rodra Ciptaning Cipunegoro, pemilik restoran tersebut. 

menu mbah jingkrak
© 2016 money.id/Azalia Amadea

"Restoran Mbah Jingkrak Setiabudi sudah buka sejak 2008, pemiliknya adalah bapak saya sendiri yaitu Pak Windo. Restoran kami berbeda dengan restoran Mbah Jingkrak lainnya, karena kami mengusung konsep restoran Jawa Tengah-an, dengan interior yang menurut saya menganut konsep ketidakteraturan yang teratur," ujar Rodra sambil tertawa saat berbincang dengan otonomi.co.id di Jakarta. 
 
Memang, ketika memasuki restoran tersebut, pengunjung disuguhkan pemandangan bingkai dan sejumlah pajangan antik. Ukiran kayu, kain batik, wayang, layangan, kipas hingga jangkar kapal seberat 700 kilogram menempel di seluruh tembok restoran. 
Selengkapnya baca di sini! (poy)
 

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section