1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Mengintip Kemeriahan Durian Fair 2016

Acara ini diselenggarakan di kawasan Teras Berlian Blok M Square, Jakarta Selatan.

By Azalia Amadea 27 Februari 2016 15:39
Durian Fair 2016 (Azalia Amadea/Money.id)

Money.id - Durian sering disebut sebagai rajanya buah-buahan. Rasanya yang manis dan legit membuat buah ini memiliki banyak penggemar. Indonesia juga sering disebut sebagai surganya durian berkualitas.

Beragam spesies dan varian durian begitu banyak, hampir di setiap kota di Indonesia memiliki varian khasnya masing-masing. Menurut data Herbarium Bogornies, terdapat sekitar 20 spesies durian yang terbagi dalam 93 varietas tersebar di berbagai penjuru tanah air.

Dalam rangka memperkenalkan varietas durian dari berbagai kota di Indonesia, maka digelarlah Durian Fair 2016 yang diadakan oleh Urban Green Festival di Jakarta.

"Acara kita hari ini judulnya adalah Urban Green Festival dengan tema Durian Fair dalam rangka memperkenalkan potensi unggulan durian lokal yang tersebar di Indonesia kepada masyarakat," ujar Diah Iswari ketua penyelenggara Durian Fair 2016 yang ditemui Money.id di Jakarta, Sabtu 27 Februari 2016.

Acara ini diselenggarakan di kawasan Teras Berlian Blok M Square, Jakarta Selatan. Dengan diselenggarakannya acara ini, Diah berharap agar masyarakat dapat lebih mengenal dan menyukai durian lokal. Hal ini tentunya dapat berimbas baik kepada petani durian di Indonesia.

(Suasana Durian Fair 2016/Azalia Amadea)

Pada gelaran Durian Fair tahun ini, terdapat 30 tenan dari berbagai pengusaha durian di Pulau Jawa. Rata-rata jenis durian yang dijual adalah Durian Rancamaya, tak ketinggalan tersedia pula jenis Durian Sukasari dan Durian Mentega Jonggol yang dijual rata-rata Rp70 ribu per buahnya.

Tak hanya itu, terdapat pula sejumlah tenan yang menjual makanan hasil olahan durian yang tak kalah ramainya diserbu pengunjung.

Seperti pada tenan "Durianese" yang menjual olahan durian yaitu sop durian dan milk shake durian seharga Rp15 ribu. Ada pula roti bakar dan roti goreng durian seharga Rp8 ribu. Di tenan lain juga nampak olahan durian lainnya seperti keripik durian dan es krim durian.

Diserbu warga Jakarta

Di hari pertamanya ini, antusias warga Jakarta sangat tinggi apalagi bagi mereka para pecinta buah berkulit tajam ini.

"Kami berdua memang sangat menyukai durian, acaranya juga bagus dan menarik. Namun, sayangnya harga buah duriannya lebih mahal daripada biasa kami beli," kata Nita dan Andi pengunjung Durian Fair 2016.

(Suasana Durian Fair 2016/Azalia Amadea)

Walaupun harga durian di Durian Fair 2016 relatif lebih mahal daripada harga durian di pasaran, namun tidak mengurungkan niat para pecinta durian untuk tetap membelinya.

Hal tersebut dapat terlihat dari kemeriahan dan keramaian pengunjung Durian Fair 2016 ini. Banyak dari mereka yang rela berdesakan untuk membeli dan menyantap langsung buah durian yang mereka beli.

Selain itu, diselenggarakan pula acara lelang buah durian lokal, serta kontes durian favorit.
Bagi Anda yang ingin menyambangi gelaran ini, kemeriahan Durian Fair 2016 berlangsung mulai hari ini, Sabtu 27 Februari 2016 hingga 6 Maret 2016 mendatang.

(a/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section