1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Hilangkan Bau Amis Ikan dengan Cara Ini

Selama daging ikan masih cukup padat dan kenyal, serta kulitnya masih tampak cerah dan tidak berlendir, Anda masih bisa menggunakannya.

By Dian Rosalina 21 Februari 2016 15:15
Ilustrasi Ikan Segar (www.wisebread.com)

Money.id - Menghasilkan ikan goreng yang lezat, tidak hanya bergantung pada cara memasak yang tepat dan bumbu yang pas. Tentunya, penggunaan ikan berkualitas prima juga sangat penting.

Jangan sampai ikan yang berbau amis mengganggu hasil masakan Anda. Ikan yang segar sebenarnya tidak berbau amis. Ketika masih berusia maksimal 2 hari setelah ditangkap, ikan cenderung tidak berbau atau memiliki aroma yang manis.

Namun, jika ikan yang sudah disimpan dalam pendingin mulai berbau amis bukan berarti harus dibuang.

Selama daging ikan masih cukup padat dan kenyal, serta kulitnya masih tampak cerah dan tidak berlendir, Anda masih bisa menggunakannya.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bau amisnya? Dikutip dari Royco.co.id, Minggu 21 Februari 2016, Anda bisa menghilangkan bau amisnya dengan cara sebagai berikut.

Bersihkan kepala ikan

Kalau ikan yang akan Anda gunakan adalah ikan utuh, bersihkan ikan dengan baik, terutama bagian hitam yang biasa terlihat di atas ikan setelah kepalanya dipotong. Bagian inilah yang biasa membuat ikan berbau amis.

Lumuri cuka

Bersihkan sisik ikan secara menyeluruh, lalu lumuri ikan dengan cuka. Jumlah cuka yang digunakan adalah dua sendok teh cuka untuk tiap satu kilogram ikan. Setelah dilumuri cuka, biarkan ikan selama sekitar 15-20 menit.

Setelah itu, basuh ikan dengan air hangat, lalu bersihkan kembali dengan air garam untuk menetralisir rasa dan aroma ikan yang telah diberi cuka.

Rendam susu

Susu ternyata bisa menghilangkan bau amis pada ikan, loh! Rendam ikan dalam susu selama sekitar 20 menit. Setelah itu, angkat ikan dan keringkan dengan lap sebelum mulai mengolahnya seperti biasa. Cara ini biasanya lebih cocok untuk potongan ikan fillet dibandingkan ikan utuh.

Jeruk nipis atau lemon

Lumuri ikan dengan campuran air perasan jeruk nipis atau lemon serta garam dan lada. Lalu biarkan ikan selama sekitar 30 menit. Agar meresap sempurna, buat keratin pada bagian tubuh ikan. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section