1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Lestarikan Jajanan Pasar Lewat Game Berbasis Android

Kenali lebih dekat macam-macam jajanan pasar tradisional khas Indonesia dengan bermain game "Jemil Kingdom."

By Azalia Amadea 18 Februari 2016 16:45
Ilustrasi Jemil Kingdom (Foto: facebook.com)

Money.id - Makanan tradisional saat ini kurang diminati oleh para generasi muda. Kebanyakan dari mereka menggemari makanan cepat saji yang lebih modern.

Melihat fenomena tersebut Wenart Gunadi mencoba kembali menghidupkan jajanan pasar dengan membuat karakter-karakter imut dari jenis makanan tradisional khas Indonesia.

Foto: facebook.com/kingdomjemil

"Awalnya merupakan proyek pribadi, waktu itu sedang 'mengidam' jajanan pasar namun belum sempat membelinya. Akhirnya saya iseng menggambar saja lalu dicampur dengan karakter manusia, dan ternyata banyak yang senang," kata Wenart kepada Money.id dalam wawancara lewat ponsel, Kamis 18 Februari 2016.

Proyek iseng tersebut didasari oleh keahliannya dalam membuat ilustrasi karakter-karakter unik. Wenart memang merupakan seorang lulusan Desain Komunikasi Visual, Universitas Kristen Petra di Surabaya.

Sejak duduk di bangku kuliah pada 2002, ia terus mempelajari dan menjadikannya sebagai hobi. Melalui hobinya tersebut kini Wenart menjadi seorang ilustrator yang namanya mulai dikenal.

Pada Mei 2007 Wenart mulai mendirikan sebuah studio produksi game bernama Smallfarm yang juga terletak di Surabaya.

"Awalnya Jemil Kingdom lebih ke arah konsep, yang lama kelamaan dikembangkan menjadi game berbasis Android," tambah Wen, sapaan hangatnya.

Jemil Kingdom merupakan game berbasis Android yang mengajak para pemainnya untuk memasangkan jajanan-jajanan pasar hingga mencapai nilai tertentu.

"Jemil" merupakan singkatan dari "Jajanan" dan "Cemilan". Tingkat kesulitan saat bermain game tersebut akan meningkat hingga level 50.

Sampai saat ini game Jemil Kingdom telah diunduh oleh ribuan orang. Dalam laman Facebook 'Jemil Kingdom' sudah ada sekitar 8.619 likers.

Ratusan karakter telah dibuat oleh tangan dingin Wenart, dari berupa karakter jajanan pasar tradisional khas Indonesia hingga camilan khas luar negeri.

Game Jemil Kingdom tersebut dapat diunduh secara gratis di play store. Wenart mengaku saat ini masih mengerjakan beberapa proyek baru, namun masih dirahasiakan.

Wenart juga menerima jasa desain karakter dalam dua harga paket. Paket standar dihargai Rp350 ribu, mendapatkan satu sketsa karakter, 3x revisi, A3 PSD / PNG 300dpi. Paket standar khusus ditujukan kepada mereka yang sudah memiliki bayangan karakter yang akan dibuat.

Sedangkan, bagi mereka yang masih awam dan bingung ingin membuat karakter seperti apa dapat memilih paket plus.

Paket ini dijual dengan harga Rp500 ribu, yang akan mendapatkan tiga variasi sketsa karakter, 5x revisi, A3 PSD / PNG 300dpi.

Selain itu, Anda juga dapat memesan kaus dengan karakter-karakter khusus kesukaan Anda yang dapat dibeli dengan harga Rp130 ribu per kausnya.

"Harapan saya, semoga jajanan tradisional dapat lebih dikenal oleh generasi muda, seperti tujuan saya di awal pembuatan Jemil Kingdom," ujarnya. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section