1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Uniknya Menyantap Tomyam Dalam Batok Kelapa

Usaha kuliner tomyam kelapa pertama kali dibuka pada Maret 2015 dengan konsep penjualan di rumahan.

By Azalia Amadea 19 Februari 2016 18:03
Tomyam (Azalia Amadea/Money.id)

Money.id - Tomyam merupakan makanan khas Thailand yang bercita rasa asam, manis dan pedas dengan isian utama makanan laut atau seafood. Uniknya, di Indonesia ada tomyam dimodifikasi dengan disajikan dalam batok kelapa.

Fithrawan dan Wawan Syakir Darmawan, menjadi pencetus ide pertama sajian tomyam kelapa. Usaha kuliner tomyam kelapa pertama kali dibuka pada Maret 2015 dengan konsep penjualan di rumahan.

Dengan modal Rp50 juta Fithrawan dan Wawan berjualan di sebuah saung yang terletak di Jalan Sulawesi Raya, Ciputat, Tangerang Selatan.

"Tomyam merupakan masakan khas Thailand yang kami modifikasi dengan menggunakan kelapa muda. Isiannya standar seperti ayam, udang, cumi, dan jamur dimasak dengan bumbu tomyam yang diimpor dari Thailand," kata Fithrawan salah satu pemilik tomyam kelapa yang ditemui Money.id di Jakarta, Jumat 19 Februari 2016.

tomyam kelapa
© 2016 money.id/Dea

Demi mengembangkan usahanya, tercetuslah ide penjualan baru dengan konsep food truck. Tepat pada bulan Desember lalu tomyam kelapa mulai dijajakan dengan menggunakan mobil boks modifikasi.

Kini tomyam kelapa tersebut juga dijual di Jalan Raden Patah yang lokasinya berseberangan dengan sekolah Al-Azhar Pusat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Terdapat empat macam sajian tomyam yaitu tomyam campur, tomyam seafood, tomyam ayam, dan tomyam jamur.

Harganya masih sangat terjangkau yaitu untuk tomyam campur dan tomyam seafood diberi harga Rp28 ribu per porsi. Sedangkan tomyam ayam dan tomyam jamur dijual dengan harga Rp25 ribu per porsi.

Dalam sehari, Fithrawan dan Wawan dapat menjual 50 porsi tomyam, dengan pendapatan hingga Rp5 juta per harinya.

Selain itu, mereka juga menjual makanan dengan menu lainnya seperti kwetiau tomyam Rp18 ribu, mi ayam tomyam Rp15 ribu, dan bakso tomyam Rp15 ribu.

Jika Anda ingin mencicipinya, food truck tomyam kelapa buka Senin-Jumat dari pukul 09.00-17.00 WIB.

Kedua sahabat ini akan terus berinovasi dalam mengembangkan usahanya, salah satunya dengan segera menambah menu baru yaitu tomyam ceker. Namun Anda masih perlu bersabar jika ingin mencicipinya.

Tomyam kelapa ini juga bebas kolesterol meskipun berbahan dasar seafood, karena kata Fithrawan, air kelapa yang ia gunakan sebagai kuah tomyam mampu menetralisir kadar kolesterol dalam sajian tomyamnya. Jadi, sekarang Anda dapat menyantap sajian tomyam tanpa takut kolesterol naik. (poy)

(da/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section