1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Inovasi Baru, Sajian Nasi Tumpeng Mini 'Imut'

Inovasi sajian tumpengan dalam bentuk 'tumpeng mini' imut dan warna-warni.

By Azalia Amadea 24 Februari 2016 11:32
Tumpeng Mini (Instagram: tumpengmini)

Money.id - Tumpeng merupakan suatu cara penyajian nasi berbentuk kerucut yang disajikan dengan berbagai macam lauk-pauknya. Karena bentuknya yang kerucut itu lah disebut 'nasi tumpeng.'

Sajian nasi ini berasal dari Jawa atau masyarakat Betawi keturunan Jawa yang biasanya mengadakan acara tradisional 'tumpengan'.

Biasanya nasi tumpeng disajikan di atas tampah namun, sajian yang satu ini memiliki ukuran yang lebih kecil alias mini dan dikemas secara unik.

Ade Indra, pemilik usaha "tumpeng mini" mencoba berinovasi dengan menyajikan tumpeng berukuran imut.

Usahanya tersebut ia mulai pada Agustus 2014 dengan konsep makanan sebagai buah tangan tanda terima kasih dalam suatu perayaan.

Tumpeng Mini/Instagram: tumpengmini

"Awalnya ada teman saya yang sedang merayakan acara tujuh bulanan, ia memesan nasi kuning namun packagingnya hanya di boks saja. Akhirnya saya menawarkan diri untuk membuatkan kemasan dan kartu ucapan yang di-print," kata Ade Indra kepada Money.id di Jakarta, Rabu 24 Februari 2016.

Akhirnya pria 29 tahun tersebut menekuni usahanya dengan menjual 'tumpeng mini'. Ade memilih konsep 'mini' karena berharap para pelanggannya dapat merasakan memotong tumpengnya masing-masing.

Memang dalam acara tumpengan ada tradisi di mana si punya acara memotong bagian atas tumpeng tersebut sebagai tanda diresmikannya acara tersebut.

"Kami juga memiliki packaging yang unik, di bagian atas packagingnya terdapat desain pesan-pesan atau tulisan nama acaranya," ucap Ade. Kemasan 'tumpeng mini' diimpor langsung dari Jepang dengan high quality.

Tumpeng mini dijual dalam dua ukuran yaitu ukuran 'mini' yang disajikan khusus untuk per orangan seharga Rp35 ribu minimum pemesanan 30 pack.

Serta ukuran medium yang dapat disantap oleh 3-5 orang seharga Rp125 ribu minimum pemesanan 10 pack.

Selain nasi kuning, terdapat juga sajian nasi lainnya seperti nasi bali, nasi langgi, nasi udang, dan nasi kremes.

Sajian favorit pelanggan tumpeng mini adalah nasi langgi yang di dalamnya terdapat tujuh lauk yaitu ayam goreng, empal suir, perkedel, kering kentang, abon, serundeng, kering tempe, dan hiasan piterseli serta wortel.

Dalam sebulan, tumpeng mini dapat terjual total sekitar 20.000-30.000 porsi, dengan pendapatan hingga Rp800 juta per bulannya.

Tumpeng mini juga hits dalam acara pernikahan artis seperti Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie, juga pernikahan artis Nina Zatulini dan Chandra Tauphan. Tak hanya itu, tumpeng imut ini juga pernah dipesan untuk acara ulang tahun Prilly Latuconsina.

Saat ini tumpeng mini, selain dapat dipesan di Jabodetabek, juga dapat dipesan di luar kota seperti Bandung dan Surabaya.

Tumpeng mini cocok disajikan dalam acara pernikahan, syukuran rumah, ulang tahun, dan acara adat lainnya.

Ade berharap dalam menyambut MEA ia dapat memperkenalkan tumpeng mini ke luar negeri serta akan berinovasi menyajikan tumpeng khas Indonesia yang di-mix dengan lauk-lauk khas luar negeri. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section