1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ingin Sajikan Hati Ampela Empuk dan Tidak Amis, Ikuti Langkah Ini

Pilihlah hati ampela yang berwarna merah gelap dan lembap.

By Dian Rosalina 22 Februari 2016 08:32
Hati Ampela Ayam (Royco.co.id)

Money.id - Indonesia memiliki berbagai macam sajian yang menggunakan berbagai bagian dari ayam, mulai dari daging, kulit, tulang, bahkan kaki alias ceker ayam. Jeroan ayam seperti usus, hati, dan ampela juga kerap diolah ke dalam berbagai sajian yang nikmat.

Dilansir dari Royco.co.id, Senin 22 Februari 2016, bila diolah dengan cara yang tidak tepat, hati ampela ayam bisa terasa alot dan keras. Untuk mendapatkan hati ampela yang lezat, empuk, dan tidak bau amis, cobalah beberapa langkah mudah berikut ini.

  • Hilangkan lemak yang terdapat pada hati ampela serta empedu di bagian bawah ati ayam. Setelah itu, cuci dengan air mengalir hingga bersih.
  • Lumuri hati ampela dengan air jeruk nipis, lalu diamkan selama sekitar 30 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.
  • Rebus ampela sebelum diolah untuk menghilangkan aroma kurang sedap dan agar ampela menjadi empuk.
  • Kukus ampela dengan jahe parut hingga setengah matang. Aroma jahe yang kuat akan menghilangkan bau amis pada ampela.
  • Masak ampela dalam slow cooker bersama berbagai bumbu. Ampela tidak hanya akan terasa lebih empuk, tetapi juga lebih penuh cita rasa.
  • Rendam hati ampela dalam susu selama semalam untuk menambah cita rasanya sekaligus mengempukkannya.
  • Masukkan hati ampela dalam mangkuk, lalu tuangkan air hingga terendam seluruhnya. Tambahkan sekitar 1-2 sendok makan cuka ke dalamnya. Biarkan selama beberapa jam, lalu bilas dan keringkan.

Agar mendapatkan sajian hati ampela yang nikmat, Anda pun harus memilihnya dengan benar. Pilihlah hati ampela yang berwarna merah gelap dan lembap.

Hindari hati ampela yang telah berubah warna menjadi kecokelatan atau abu-abu. Hati ampela juga harus terasa kenyal ketika dipegang. Kalau teksturnya terasa lunak, maka hati ampela sudah tidak segar lagi. (poy)

Selamat Mencoba!

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section