1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

8 Makanan Ringan Paling Hits di Indonesia

Di Indonesia ada berbagai pilihan makanan ringan, namun hanya beberapa yang menjadi favorit.

By Abdul Kharis 26 Februari 2016 09:04
Siomai, salah satu makana ringan (youtube.com)

Money.id - Menyantap makanan ringan menjadi bagian tak terpisahkan bagi sebagian besar orang. Makanan ringan biasanya dipilih untuk sekadar mengganjal perut atau menemani waktu santai.  

Di Indonesia ada berbagai pilihan makanan ringan, namun hanya beberapa yang menjadi favorit. Salah satunya adalah makanan ringan cepat saji yaitu mi instan. Dan yang paling hits sepanjang masa adalah mi dari merek Indomie.

Berikut adalah delapan makanan ringan yang menjadi favorit dan ciri khas Nusantara seperti dikutip dari edition.cnn.com, Kamis 25 Februari 2016.

1. Indomie

Siapa orang Indonesia tidak tahu dengan Indomie? Mi instan ini sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu. Jika Anda berpergian jauh, dan tidak mau kerepotan, cukup membawa Indomie. Bahkan baru-baru ini, snack Chitato membuat cita rasa baru yaitu rasa Indomie!

Sangat mudah untuk mendapatkan mi instan ini. Indomie dijual di toko-toko kelontong, bahkan dijual di keranjang sepeda, warkop pinggir jalan, dan juga tersedia di semua supermarket.

Untuk membuat perut kenyang sangat praktis, cukup menuangkan gumpalan mi ke dalam air panas, rebus hingga matang, tiriskan untuk kemudian diangkat lalu disajikan, dan siap dimakan.

2. Gorengan

Gorengan merupakan makanan ringan yang dapat kita temukan di hampir setiap perempatan jalan. Bahkan, di depan sekolahan, selalu tersedia gerobak jajanan gorengan. Ada juga tukang gorengan yang mendorang gerobak berjalan memutar kompleks atau perumahan warga.

Gorengan terdiri dari tempe, singkong, tahu, pisang goreng, ubi jalar yang digoreng dengan tepung, dan bala-bala atau bakwan.

Tidak lupa ciri khas semua pedagang gorengan, menyajikan dengan kertas fotokopi atau koran bernoda minyak dan di atas gorengan dihiasi dengan beberapa biji cabai rawit.

3. Otak-otak

Makan ringan terbuat dari ikan asal Palembang disebut otak-otak. Snack ini memiliki penampilan unik, karena dibungkus daun pisang sebelum dipanggang di atas arang.

Di Sumatera, otak-otak dimakan dengan cabai merah dicampur dengan kecap fermentasi. Tetapi, di Jakarta dan area pulau Jawa berbeda, makanan ringan ini disajikan dengan saus kacang.

4. Sambal

Meskipun secara teknis hanya bumbu diracik dengan saus berbasis cabai, tetapi sambal, selalu tersedia di semua meja makan di restoran Indonesia.

Hidangan mayoritas orang Indonesia terasa tidak lengkap kalau tidak melihat sambal di hadapan mereka.

Bahkan, beberapa restoran telah membuat sambal menjadi daya tarik utama mereka, dengan beberapa pilihan seperti sambal mangga muda, jamur atau durian.

5. Tahu gejrot

Tahu adalah makanan ringan untuk orang menengah ke bawah, tetapi hal itu juga membuatnya terkenal dan banyak dicari. Sedangkan, tahu gejrot makanan khas Cirebon yang terbuat dari tahu.

Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabai, bawang putih, bawang merah, dan gula.

Biasanya disajikan di piring kecil. Selain itu, digemari di kalangan anak-anak dan orang dewasa, karena sensasi rasanya yang khas.

6. Martabak

Di Indonesia, dikenal dua jenis martabak yaitu martabak manis dan martabak telur.

Martabak manis adalah makanan yang terbuat dari adonan terigu, telur, gula, yang ditaburi bubuk kacang tanah dan cokelat, kemudian dipanggang dan dilipat.

Sedangkan martabak telur adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu untuk lapisan luar dan adonan telur, daging giling yang dicincang, dan rempah pada bagian isi, untuk kemudian digoreng.

7. Siomay

Anggap saja sebagai dim-sum versi Indonesia. Bisa didapatkan dengan mudah, dan dijual hampir di semua wilayah Indonesia.

Penjual siomay ada yang berdagang memakai gerobak, sepeda, bahkan ada restoran yang menyediakan makanan khusus siomay.

Di Indonesia terdapat berbagai jenis variasi siomay berdasarkan isinya, mulai dari siomay ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang.

Tenang dulu, untuk yang lebih menyukai makanan garing dan berminyak, ada alternatif siomay yaitu batagor, yang digoreng bukan dikukus.

8. Bakpao

Makanan ringan asal negeri Tionghoa bernama bakpao yang kini sudah menjamur di Indonesia.

Dihidangkan cukup bervariasi di Nusantara, ada rasa ayam, daging, kacang ijo, coklat, bahkan sekarang ada bakpao pelangi.

Bakpao sudah melekat kuat bagi bangsa Indonesia. Meskipun berasal dari China, tetapi kini sering ditemukan penjual bakpao berkeliling menggunakan gerobak sepeda di wilayah Indonesia. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section