1. HOME
  2. LET'S COOK!
FOOD

Cobain Nih, Resep Roti Canai Aceh ala Rumahan

Roti canai ternyata mudah dibuat sendiri di rumah, cobaik yuk!

By Azalia Amadea 26 Februari 2016 17:03
Ilustrasi sajian Roti Canai (Foto: youtube.com)

Money.id - Roti canai atau roti cane adalah sejenis roti pipih (flat bread) dengan pengaruh India yang juga populer di Indonesia dan Malaysia. Di indonesia roti yang juga terkenal dengan roti Maryam ini banyak ditemukan di rumah makan khas Aceh.

Canai merupakan nama Kota Chennai di India, juga masakan Channa di India, atau kata canai yang berarti adonan yang digulung dalam bahasa Melayu.

Roti ini sangat pipih karena dibuat dengan cara diputar hingga tipis, kemudian dilipat dan dipanggang dengan minyak, atau bisa pula dengan menebarkan adonan setipis mungkin di atas panggangan.

Di Indonesia, roti canai biasa dihidangkan dengan gulai kari kambing atau ayam. Melansir dalam laman cookpad.com Jumat 26 Februari 2016 berikut resep roti canai ala rumahan yang mudah dan tentunya nikmat.

Foto: cookpad.com

Bahan-bahan:
- 300 gram tepung terigu
- 1 butir telur ayam
- 50 ml minyak goreng
- 150 ml air hangat
- 1 sendok makan susu bubuk
- 1 sdt gula halus (opsional)
- 1/2 sdt garam
- secukupnya mentega
- secukupnya minyak goreng (untuk merendam adonan)

Cara membuatnya:
1. Masukkan telur ayam, air hangat, dan minyak goreng dalam satu wadah. Kocok dengan garpu, aduk hingga rata.
2. Tambahkan tepung terigu, garam, gula halus, dan susu bubuk. Uleni dan banting-banting adonan hingga kalis dan tidak lengket.
3. Bulatkan adonan sesuai dengan ukuran yang diinginkan atau 1,5 kali ukuran bola pingpong. Lalu rendam adonan dalam minyak goreng. Tutup wadah dengan kain bersih lalu diamkan selama 1-2 jam agar mengembang.
4. Setelah adonan direndam, pipihkan hingga benar-benar tipis (namun berhati-hati agar tidak robek), lalu oleskan mentega hingga merata.
5. Gulung adonan memanjang lalu buat lingkaran, dan tarik-tarik agar adonan menjadi lebih panjang dan pipih.
6. Lalu tumpuk dua adonan menjadi satu, diamkan.
7. Pipihkan adonan hingga melebar, sambil ditarik-tarik karena adonan agak liat. Ulangi langkah 4-7 hingga bola-bola adonan habis.
8. Goreng di atas teflon tanpa minyak hingga berubah warna kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
9. Roti canai siap dihidangkan bersama susu kental manis atau keju dan meises. Dapat juga disajikan dengan kuah kari, sesuai selera.

Tips: Jika tidak habis satu kali makan dapat disimpan di dalam freezer lalu dipanaskan lagi di teflon dengan sedikit mentega. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section