1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Cara Agar Gorengan Tetap Renyah

Membuat gorengan ternyata membutuhkan keahlian khusus, agar tetap sedap dan renyah.

By Azalia Amadea 29 Desember 2015 10:15
Ilustrasi gorengan (Foto: vodkitchen.com)

Money.id - Gorengan merupakan kudapan yang paling mudah dikreasikan. Camilan gorengan sudah menjadi camilan khas Indonesia yang menjamur dimana-mana.

Gorengan menjadi teman dikala waktu senjang di sore hari atau teman makan nasi uduk yang nikmat apalagi disantap dengan bumbu kacang. Pilihan gorengan pun bermacam-macam dari kacang-kacangan, umbi-umbian, pisang, tahu, tempe, dan sebagainnya.

Dilansir dalam laman bango.co.id berikut tips agar gorengan tetap sedap dan renyah.

Penggunaan minyak goreng

Namanya saja sudah gorengan, pasti dalam mengolahnya pun membutuhkan minyak goreng yang cukup banyak. Namun tidak sembarang minyak goreng dapat digunakan. Agar gorengan tetap renyah pergunakanlah minyak goreng yang jernih dan beraroma netral.

Menggunakan minyak goreng bekas untuk menggoreng, hanya akan membuat warna gorengan menjadi kurang menarik dan aromanya pun bisa dapat tercampur-campur dengan makanan lainnya.

Menggoreng bahan makanan yang diiris

Banyak aneka gorengan yang proses awalnya dengan diiris seperti pisang, ubi, singkong, ataupun talas sebaiknya dimasukkan ke wajan penggorengan secara perlahan dan satu per satu. Tujuannya adalah agar bahan makanan tidak menempel satu sama lain. Bahan makanan yang menempel akan berakibat gorengan menjadi tebal, berminyak, dan pastinya kurang renyah.

Jika menggunakan mandolin (alat pengiris) Anda dapat langsung mengirisnya di atas wajan yang berisi minyak panas. Jika bahan yang sudah diiris tidak langsung digoreng, sebaiknya disimpan di dalam wadah berisi air dengan campuran sedikit air kapur sirih. Dijamin gorengan akan menjadi lebih renyah.

Memasukkan bahan makanan ke dalam wajan

Saat memasukkan bahan gorengan ke dalam wajan, sebaiknya tidak memasukkan bahan terlalu banyak dalam 1 kali tahap menggoreng. Jika memasukkan bahan dengan jumlah yang banyak, temperatur minyak pada wajan kurang sesuai hanya akan membuat hasil gorengan jadi kurang renyah.

Dalam proses menggoreng pastikan bahan-bahan makanan terendam minyak dengan sempurna agar hasilnya matang merata.

Tips mudah menggoreng kacang

Ketika menggoreng berbahan dasar kacang, usahakan agar tidak menggoreng kacang hingga warnanya terlalu gelap. Kacang merupakan bahan makanan yang jika digoreng akan cepat gosong. Cukup goreng kacang hingga warnanya kuning keemasan kemudian segera angkat dan tiriskan.

Setelah kacang goreng diangkat pun, kacang masih mengalami proses pematangan sehingga warnanya akan semakin coklat. Apabila kacang diangkat saat warna sudah terlalu kecoklatan, maka kacang akan semakin menghitam dan rasanya menjadi pahit.

Suka Artikel Ini? Klik Like

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section