1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Dia Bahaya Nugget Ayam Cepat Saji

Bahan-bahan yang terkandung dalam nugget ayam cepat saji ternyata memiliki efek samping yang buruk bagi tubuh.

By Azalia Amadea 28 Desember 2015 12:16
Nugget ayam (Foto: huffingtonpost.com)

Money.id - Nugget ayam merupakan makanan yang disukai oleh anak-anak, dan paling mudah disajikan. Nugget ayam juga menjadi menu kesukaan para ibu yang ingin membawakan bekal untuk anak-anak mereka.

Saat ini banyak macam nugget ayam yang dijual di pasaran. Cara penyajiannya pun sangat mudah hanyak tinggal digoreng beberapa menit, tiriskan, dan siap disantap.

Kebanyakan dari mereka yang mengonsusmsi tidak mengetahui apa saja bahan-bahan yang terkandung dalam nugget ayam. Sehingga mereka juga tidak mengetahui lebih tentang efek samping yang ditimbulkan.

Foto: benhungthutuy.com

Nugget ayam mengandung bahan-bahan seperti, TBHQ, GMO Corn, Autolysed Yeast Extract with MSG, Dimethyl Polysiloxane Anti-foaming Agent, Sodium, Hydrogenated Soybean Oil, gula and Bleached Wheat.

Bahan-bahan tersebut ternyata memiliki efek yang belum diketahui oleh banyak orang. Dilansir dalam laman boldsky.com berikut bahaya berlebihan mengonsumsi nugget ayam bagi kesehatan.

1. Pengaruh hydrogenated soybean oil

Dalam nugget ayam terkandung minyak yang menghasilkan lemak trans, yang dapat mengakibatkan obesitas.

Selain itu juga dalam proses memasak nugget ayam dibutuhkan minyak yang cukup banyak. Jelas mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak tidak baik bagi kesehatan.

Hal ini juga dapat menyebabkan terserangnya penyakit jantung, dan beberapa peradangan pada bagian tubuh.

2. Efek samping gula

Gula dalam kandungan nugget ayam biasa dikenal dengan nama dekstrosa, terlalu banyak mengonsumsinya dapat menimbun lemak dalam tubuh.

Apalagi bagi mereka penderita diabetes, kandungan gula yang tinggi dapat menambah gula dalam darah atau dalam istilah medisnya Hiperglekimia.

3. Kelebihan sodium

Mereka akan sadar mengapa nugget ayam berbahaya bagi kesehatan, setelah mengetahui jumlah kandungan natrium dalam makanan ini.

10 potong nugget ayam mengandung sekitar 1000 miligram natrium, sedangkan seseorang hanya memerlukan sekitar 2.000 - 3.000 miligram sodium per hari.

Diperlukan kalium untuk menyeimbangkan kandungan sodium dalam tubuh, namun kalium tidak terdapat dalam kandungan nugget ayam. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

4. Pengaruh bleached wheat

Jika Anda membuat nugget ayam sendiri di rumah Anda dapat menggunakan tepung bebas gula, yang tidak berpengaruh buruk bagi kesehatan.

Namun berbeda halnya jika Anda membeli nugget ayam cepat saji di pasar, nugget-nugget tersebut mengandung bleached wheat yang dapat meningkatkan kandungan gula dalam darah.

5. Pengaruh TBHQ dan Dimetilpolisiloksan

TBHQ adalah produk berbahan dasar petroleum, yang dapat menyebabkan mutasi sel, kerusakan pada hati, kerusakan sistem reproduksi, dan sebagainya.

Produk yang berbasis silikon ini sebenarnya diperuntukkan untuk bahan kosmetik dan memperbesar payudara.

Maka itulah beberapa alasan kenapa nugget ayam berbahaya bagi kesehatan. Memang nugget ayam sangat nikmat dikonsumsi, namun kelebihan mengonsumsinya dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan.

Apalagi bagi anak-anak yang gemar memakan nugget, mereka juga rentan terhadap segala jenis penyakit. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section