1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

7 Jenis Ikan yang Tidak Seharusnya Dikonsumsi

Ikan merupakan sumber protein dan omega 3, namun ada beberapa jenis ikan yang mengandung racun.

By Azalia Amadea 28 Desember 2015 17:35
Ilustrasi ikan (Foto: caregivingcafe.com)

Money.id - Ikan dianggap sebagai salah satu makanan sehat dan nikmat. Ikan juga mudah diolah ke dalam berbagai jenis masakan. Ikan merupakan makanan yang bebas lemak dan kaya akan protein, serta omega 3.

Sebagian orang sangat percaya dengan mengonsumsi ikan tubuh akan sehat, karena memiliki kandungan kalori yang rendah. Ikan juga cocok bagi Anda yang sedang menjalankan diet.

Sebagian orang mengetahui bahwa ikan adalah makanan sehat, namun ada beberapa jenis ikan yang tidak seharusnya dikonsumsi. Apalagi saat ini banyak habitat ikan yang tercemar akibat limbah industri.

Limbah tersebut mengandung Radionuklida yang dibuang ke air laut dan udara, yang dapat merusak ekosistem laut. Ketika ikan telah tercemar oleh kondisi habitatnya yang tidak baik, ikan tersebut akan mengandung racun.

Dilansir dalam laman boldsky.com bagi Anda penggemar ikan, berikut 7 jenis ikan yang harus Anda hindari karena berbahaya jika dikonsumsi.

1. Ikan Makarel

Foto: boldsky.com

Ikan ini biasa dijadikan sebagai ikan sarden yang ditempatkan dikaleng. Ikan ini mengandung mineral magnesium dan merkuri yang tinggi, dan tentunya berbahaya bagi kesehatan.

2. Telur ikan

Telur ikan biasa disajikan sebagai bahan pelengkap sushi, atau nikmat juga bila dibuat perkedel telur ikan. Kaviar atau telur dari ikan Sturgeon ini ternyata berbahaya jika dikonsumsi, karena pada umumnya ikan Sturgeon ditemukan dalam perairan yang terkontaminasi racun limbah.

3. Belut

Belut juga merupakan salah satu jenis ikan, yang banyak disajikan di restoran masakan padang. Ternyata ada jenis belut yang berbahaya jika dikonsumsi, yaitu belut kuning atau belut perak. Apalagi jika dimakan mentah seperti dalam olahan sushi. Belut tersebut mengandung racun, yang timbul akibat terkontaminasinya dengan PCB dan merkuri.

4. Swordfish

Foto: boldsky.com

Swordfish atau yang biasa disebut ikan pedang, berbahaya jika dikonsumsi karena memiliki kandungan merkuri tertinggi. Salah satu jenis ikan ini adalah ikan Todak yang berisi sekitar 976 ppm merkuri yang terkandung dalam tubuh ikan tersebut. Merkuri jika dikonsumsi dapat merusak sel-sel pada otak.

5. Ikan Tuna

Ikan tuna ,merupakan ikan yang paling digemari sebagai olahan masakan yang beragam dan tentunya nikmat. Namun ternyata ada jenis ikan tuna yang sebaiknya tidak dikonsumsi yaitu, ikan tuna sirip biru (Tuna Blue fin) dan ikan tuna mata besar. Kedua ikan tersebut memiliki kandungan merkuri yang sama tingginya dengan ikan Todak atau Swordfish.

6. Ikan Salmon

Ikan salmon memang sehat dan kaya akan omega 3, namun ada beberapa jenis ikan salmon yang berhaya karena mengandung persisten polutan organik. Mengonsumsi ikan dengan kandungan polutan tersebut dapat menyebabkan diabetes. Keseringan mengonsumsinya juga dapat menyebabkan kelebihan berat badan.

7. Ikan Hiu

Foto: unileverfoodsolution.hk

Ikan hiu memang jelas dilarang untuk dikonsumsi, karena ikan ini merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Namun beberapa restoran masih saja menyajikan sajian ikan hiu. Ikan hiu ternyata mengandung racun juga mengandung banyak merkuri, yang jelas berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi.


Suka Artikel Ini? Klik Like

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section