1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Comic Cafe Tempat Nongkrong Anak Muda Beromzet Ratusan Juta

Gaya hidup anak muda yang gemar nongkrong di kafe, ditangkap Rafi sebagai peluang bisnis usaha kuliner Comic Cafe.

By Azalia Amadea 6 Januari 2016 19:35
Comic Cafe, Tebet, Jakarta Selatan (Azalia Amadea/Money.id)

Money.id - Sekarang banyak terlihat anak muda yang gemar bepergian bersama atau sekedar nongkrong di kafe untuk berbincang-bincang asik dengan teman mereka.

Mereka dapat menghabiskan waktu sambil nongkrong, ngobrol dan tentunya menyantap makanan nikmat yang disajikan di kafe tersebut. Bahkan hal tersebut sudah menjadi gaya hidup, terutama bagi kalangan anak muda.

Melihat fenomena tersebut Rafi Rachmanzah menangkap adanya peluang bisnis yang baik. Pada tahun 2006 Rafi beserta keluarga membuka sebuah usaha kuliner yang dinamakan 'Comic Cafe,' terletak di jalan Tebet Utara Nomo 53, Jakarta Selatan.

"Awalnya saya dan ibu membuka Comic Cafe karena kita melihat industri restoran di Tebet Utara sedang berkembang, juga tempat yang strategis untuk anak muda nongkrong terutama dari wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan" kata Rafi (25) yang ditemui Money.id di Jakarta, 6 Januari 2016.

Konsep 'Comic Cafe' sendiri diambil karena hobi dari Rafi dan adiknya yang gemar membaca serta mengkoleksi buku-buku komik. Juga ditahun tersebut konsep restoran bertematik masih sangat sedikit.

Interior dari Comic Cafe berasal dari berbagai inspirasi komik-komik buatan Jepang, Prancis, dan Amerika. Comic cafe tidak memakai jasa arsitek khusus, desain interiornya tersebut dikerjakan oleh adik dari Rafi yang merupakan seorang arsitektur.

Menu makanan yang disajikan Comic Cafe berupa masakan Indonesia dan luar. Sekilas jika melihat dibuku menu memang sajian makanannya hanya makanan 'basic' yang juga banyak disajikan di restoran lain, dengan harga yang tentunya terjangkau oleh kalangan anak muda.

Seperti Nasi Goreng, Sop Buntut, Ayam Bakar untuk masakan Indonesia, sedangkan masakan luarnya seperti Steak, Pizza dan Pasta. Soal harga rata-rata untuk makanan dibandrol dari harga Rp25 ribu - Rp62 ribu, sedangkan minuman dari harga Rp15 ribu - Rp29 ribu.

Pasta Spicy Smoked Beef Aglio Olio/Azalia Amadea Money.id

"Memang menu makanan di Comic Cafe begitu-gitu saja, namun menu makanan tersebut mudah diingat orang. Dengan harapan Comic Cafe dapat berumur panjang" ujar pria lulusan S2 Manchester Business school, di Inggris.

Makanan yang menjadi makanan favorit pengunjung adalah Pasta Spicy Smoked Beef Aglio Olio seharga Rp40 ribu, untuk minumannya yaitu Oreo Smoothies seharga Rp25 ribu.

Oreo Smoothies/Azalia Amadea Money.id

"Saat ini omzet kami tidak menentu tergantung musim, namun jika dirata-ratakan sekitar ratusan juta per bulannya" menurut Anto, manager Comic cafe.

Comic cafe juga pernah mengalami proses jatuh bangun pada saat ingin membuka cabang kedua di Epicentrum, Kuningan pada tahun 2011. Cabang kedua tersebut tidak berumur panjang hanya 2 tahun karena, ada permasalahan pada pihak mall yang berganti alih kepemilikan. Banyak karyawan yang dipecat dan investasi yang terbuang.

"Saran saya jika kita ingin menjadi enterpreneur ada 3 hal penting yaitu, aksi, eksekusi, dan kepemimpinan serta berhati hatilah dalam mengatur keuangan agar pengeluaran dan pendapatan seimbang" tambah pria yang mengaku sebagai pemerhati dunia digital tersebut.

Comic Cafe buka dari Senin-Minggu pukul 10:00-23:00. Comic Cafe juga memfasilitasi dengan tempat makan indoor dan outdoor, WIFI, serta live music setiap hari Jumat.

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section