1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Cara Tepat Menggoreng Ayam Renyah

Proses menggoreng yang tepat dapat berpengaruh terhadap kelezatan ayam goreng.

By Azalia Amadea 6 Januari 2016 12:05
Ayam goreng (Foto: alphacoders.com)

Money.id - Ayam goreng yang lezat selalu menjadi menu andalan rumahan. Membuat ayam goreng yang nikmat tentu saja dimulai dengan pengungkepan bumbu yang benar hingga meresap.

Saat ini para ibu tidak bersusah payah membuat bumbu ungkep ayam goreng, karena sudah banyak bumbu instan. Namun proses menggoreng yang tepat juga berpengaruh terhadap kelezatan ayam goreng.

royco.co.id

Kelemahan dari menggoreng ayam terkadang terdapat pada tingkat kematangan yang tidak merata, sehingga kurang renyah dan terlalu berminyak.

Dilansir dalam laman royco.co.id berikut cara yang tepat menggoreng ayam, agar renyah dan tidak berminyak.

1. Pilih minyak yang tepat

Minyak dengan titik didih rendah cenderung lebih cepat mengeluarkan asap dan bau tidak sedap karena itulah, minyak yang cocok digunakan untuk menggoreng adalah minyak yang memiliki titik didih tinggi.

Seperti canola oil, peanut oil, atau sunflower oil. Penggunaan minyak yang tepat dapat membantu menjaga aroma ayam goreng.

2. Goreng ayam dengan suhu yang tepat

Suhu tepat untuk menggoreng ayam adalah antara 175-200°C. Suhu yang terlalu rendah bisa membuat ayam menjadi berminyak dan kurang renyah, sedangkan suhu yang terlalu tinggi bisa membuat kulit ayam dan daging bagian luarnya cepat matang serta berubah warna menjadi cokelat, padahal daging bagian dalamnya belum matang sempurna.

3. Hindari menggunakan minyak bekas

Selain tidak sehat, minyak bekas yang digunakan untuk menggoreng ayam pun dapat membuat ayam goreng berbau minyak bahkan 'tengik.'

Selain itu, minyak yang sudah kecokelatan atau menghitam juga bisa membuat ayam menjadi kecokelatan lebih cepat karena itu segera ganti minyak goreng setelah minyak menghitam. Biasanya mengganti minyak setelah 2-3 kali pemakaian.

4. Gunakan minyak dalam jumlah banyak

Setidaknya setengah bagian ayam harus terendam dalam minyak agar ayam goreng matang merata.

Selain itu, jangan menggoreng terlalu banyak ayam pada saat yang bersamaan karena akan menurunkan temperatur minyak. Saat digoreng, ayam tidak boleh saling menumpuk atau terlalu bersentuhan satu sama lain.

5. Tiriskan dengan baik

Selalu tiriskan dengan baik ayam yang telah digoreng. Gunakan bantuan paper towel atau tisu dapur untuk menjadi alas yang mampu menyerap minyak dengan baik. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section